Kamis, 29 Oktober 2009

SEGMENTASI PASAR

SEGMENTASI PASAR
pertemuan ke-5


• Pasar sangat beragam
• Pasar sangat luas
• Pelanggan sangat banyak dengan tuntutan yang bermacam-macam
• Kemampuan perusahaan terbatas
• Dan perusahaan menginginkan profit

Segmen adalah kelompok besar calon pembeli potensial dalam suatu pasar yang memiliki karakteristik yang homogen
Segmentasi yang efektif :

• Dapat diukur
• Besar
• Dapat diakses
• Dapat dibedakan
• Dapat diambil tindakan

Pasar adalah bertemunya penjual dan pembeli yang mengakibatkan terjadinya transaksi. Dimana penjual akan menawarkan barang dan pembeli datang dengan permintaan akan barang.

Pasar terdiri atas pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan atau disegmentasikan dalam berbagai cara. Pasar bisa diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya, sumberdaya, lokasi, perilaku pembeli, dan kebiasaan membeli.

Pasar terdiri atas pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan atau disegmentasikan dalam berbagai cara. Pasar bisa diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Adapun istilah segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai berikut :

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen

Segmentasi pasar ini merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Falsafah ini menunjukan usaha untuk meningkatkan ketepatan penetapan sasaran dari suatu perusahaan. Segmen pasar ini dapat dibentuk dengan banyak cara. Dengan mengacu pada demografi atau gaya hidup, segmentasi pasar dapat dilakukan. Ada beberapa pola berbeda yang akan muncul dalam melakukan segmenatasi pasar ini, yaitu : preferesi homogen, preferensi yang tersebar dan preferensi terkelompok (Kotler, 1997).

Dengan menyatukan program pemasaran yang ditujukan kepada segmen-segmen pasar yang dituju, manajemen dapat melaksanakan pemasaran dengan lebih baik dan dapat menggunakan sumberdaya pemasaran secara efisien. Segmentasi pasar dapat membantu manajemen dalam hal menyalurkan uang dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan, merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar, menentukan cara-cara promosi yang paling efektif, memilih media advertensi, dan mengatur waktu yang sebaik-baiknya.

Fokus pemasaran adalah konsumen. Tujuannya adalah untuk mencapai subset pada populasi yang tertarik pada produk tertentu yaitu sekelompok orang yang menjadi target pasar.

Identifikasi target pasar merupakan langkah awal yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran. Dalam situasai dimana konsumen menghadapi banyak pilihan, maka kesuksesan pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen pada segmen tertentu.

Targeting pasar adalah pasar atraktif atau pasar sasaran yang akan kita tuju. Selektif dari sebuah seleksi produk untuk mencari produk yang paling diminati.

Yang mendasar dari segmentasi pasar konsumen adalah :

1. Segmentasi geografi
Segmentasi geografi membagi pasar menjadi beberapa unit geografi seperti : bangsa, Negara, daerah, profinsi, kota atau sekitarnya. Sebuah perusahaan memutuskan untuk beroprasi disatu atau beberapa daerah geografis atau beroprasi disemua daerah, yang megnharuskan untuk memperhatikan geografi dalam kebutuhan dan kemauan.

2. Segmentasi demografi
Segmentasi demografi membagi pasar menjadi kelompok beradasarkan factor demografi seperti : umur, jenis kelamin, pendapatan, okupasi, pendidikan, religi, ras dan kebangsaan.

3. Segmentasi psychographic
Segmentasi psychographic membagi pasar menjadi kelompok berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup dan personalitanya. Orang yang berada dikelompok yang sama bias membuat profil psychographic yang berbeda.

4. Segmentasi perilaku
Di segmentasi perilaku pembeli dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, kegunaan dan respon mereka terhadap produk. Banyak pemasar yang percaya bagwa variable perilaku adalah awal mula yang tepat untuk membangun segmen pasar.

Pembahasan :
1. Apa yang dimaksud dengan positioning pada segmentasi pasar dan memiliki fungsi apa?

23 komentar:

  1. Positioning marketing berfungsi sebagai kombinasi dari tindakan pemasaran yang digunakan untuk memberikan gambaran konsep positioning kepada pembeli yang ditargetkan. dan faktor-faktor yang terdapat dalam positioning marketing adalah atribut produk, harga produk, pemakaian produk, pemakai produk, kelas produk, dan pesaing.

    BalasHapus
  2. Maria Mahdalena 3PAC30 Oktober 2009 pukul 02.46

    Positioning merupakan dimana pemasar mencoba memutuskan posisi produk di pasar yang hendak disasar. Ini lebih ditekankan kepada waktu pemasaran produk.

    BalasHapus
  3. menurut saya Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.


    peran yang sangat besar dalam strategi pemasaran, setelah melakukan analisis pasar dan analisis pesaing dalam suatu analisis internal perusahaan(total situation analysis).

    BalasHapus
  4. 1. DALAM Legacy Marketing, Positioning dilakukan setelah kita melakukan Segmentasi dan Targeting. Positioning ini maksudnya bukan peringkat produk itu di pasar. Masih ada yang keliru soal ini. Dikiranya kalau bicara soal positioning berarti bicara soal ada di posisi nomor berapa produk itu di pasar.
    Bukan itu definisi positioning.

    Positioning adalah apa yang kita inginkan ada di benak konsumen ketika mereka mendengar brand kita.Positioning ini berkaitan dengan persepsi. Persepsi ini harus bisa unik sehingga pelanggan bisa langsung membedakan antara brand kita dan brand pesaing kita.


    Fungsi Positioning sebenarnya merupakan strategi untuk membangun kredibilitas di mata pelanggan. Kalau sudah memiliki kredibilitas, pelanggan akan lebih mudah mengikuti dan membeli apa-apa yang kita tawarkan. Dengan adanya kredibilitas, pelanggan bisa merasakan "kehadiran" brand kita dalam benak mereka.

    sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  5. positioning merupakan salah satu stategi yang dilakukan oleh sales & marketing dalam menetukan pasar dan sangat menetukan pula pasar yang ada. Karena semakin bagus posisi dari suatu perusahaan tersebut dapat mempengaruhi target pasar yang ingin di raih.
    pertanyaan :
    apa yang harus dilakukan oleh sales & marketing untuk menjaga posisi pasar yang ada?

    BalasHapus
  6. m. roby ananta"made"1 November 2009 pukul 06.28

    positioning merupakan suatu proses atau upaya untuk menempatkansuatu produk perusahaan dalam alam pikiran konsumen. usaha ini merupakan langkah penting untuk merebutperhatian pasarkarena situasi masyarakat di pasar sudah "over communicated"

    BalasHapus
  7. positioning menurut saya itu bagaimana penjual memposisikan , mendeferensiasikan , merancang penawaran , serta membuat image perusahaan dlm pandangan preferensi pelanggan sasarannya dengan mempertimbangkan lbh dulu value tertentu yang dibutuhkan oleh konsumen.


    fungsi drpd positioning itu sendiri , menurut saya adalah menciptakan presepsi konsumen terhadap produk yg kita hasilkan sehingga dapat mencerminkan kekuatan dan keunggulan kompetitif perusahaan.

    BalasHapus
  8. putri ulina
    2006110042

    Menurut saya, Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.

    BalasHapus
  9. Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.

    Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”.
    Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya

    BalasHapus
  10. menurut saya positioning adalah memposisikan produk yang kita produksi berdasarkan manfaat, katagori produk dr produk yang lainnya (pesaing)
    fungsi dari positioning adalah dapat menunjukan posisi produk yang kita jual dengan prudak-prodak yang lainnya dan jga dapat menunjukan apakah konsumen menyukai produk yang kita pasarkan atou tidak.

    BalasHapus
  11. menurut saya positioning adalah menempatkan
    merek dan produk kita dibenak konsumen.
    berfungsi untuk menciptakan proposisi nilai yang pas, yang menjadi alasan bagi
    pelanggan untuk membeli.

    BalasHapus
  12. menurut saya.positioning adalah setrategi pmasaran ,agar prduk yg kta miliki laku trjual selain itu kgunan'a untuk memper knalkan produk kita ke masyarakat luas

    BalasHapus
  13. Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.dgn adanya positioning kemungkinan pasar untuk menyedot konsumen pu menjadi lebih besar>>>>>>>>>>>>>

    BalasHapus
  14. saya mendefenisikan positioning sebagai cara kita untuk ,mendeferensiasikan diri kita di dalam benak konsumen dan juga upaya mengarahkan pelanggan anda secara kredibel.

    BalasHapus
  15. menurut saya positioning adalah suatu strategi perusahaan untuk merancang produk - produknya baik itu dari segi kualitas dan kuantitasnya yang disesuaikan dengan sasaran dan segmentasinya sehingga target penjualannya tercapai dengan baik

    fungsi positioning
    agar dapat telihat perbedaannya dengan produk lain yang serupa sehingga terkesan lebih baik atau menonjol dari produk lain baik dari segi kualitas ataupun kuantitasnya sehingga dapat menarik minat para konsumen dan calon konsumen untuk menggunakan produk perusahaan tersebut

    BalasHapus
  16. positioning adalah suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat dengan suatu produk. Posititioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal ini termasuk barnd image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. Inilah alasan kenapa konsumen memilih produk suatu perusahaan bukan produk pesaing.

    BalasHapus
  17. menurut saya positioning yaitu suatu pandangan perusahaan untuk menentukan target pasar yang akan mereka tuju.

    BalasHapus
  18. menurut riky.,
    positioning adalah cara menentukan target pemasaran suatu produk yang dilakukan oleh suati perusahaan(sales masketing)
    dan sangat mempengaruhi sasaran yang dituju.,

    BalasHapus
  19. Nama : didier a.r
    nip : 2006110138
    kelas: 6paa

    positioning adalah suatu anggapan dari masyarakat terhadap suatu objek ( perusahaan ) dimana perusahaan tersebut berusaha beroperasi dalam kegiatan pemasaran agar tercipta suatu image yang baik dimata masyarakat itu sendiri baik terhadap produk yang ditawarkan perusahaan maupun perusahaan itu sendiri
    fungsi positioning adalah agar suatu perusahaan memiliki perbedaan yang significant antara pesaing pesaingnya sehingga timbul keunikan dan keunggulan dari setiap masing2 perusahaan dalam tawaran produk sesuai dengan selera konsumen yang berbeda beda dan dinamis.

    BalasHapus
  20. rollita widawati (2001110169)13 November 2009 pukul 02.16

    segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul dipasar.

    BalasHapus
  21. chandrata 200711000513 November 2009 pukul 19.44

    positioning adalah suatu bentuk aktifitas yang dilakukan oleh pihak perusahaan didalam menciptakan brand image atau indentitas produk bagi pasar sasaran mereka.

    hal ini memiliki fungsi yg sangat penting bagi kelanjutan hidup sebuah produk, dengan berhasilnya produk kita menciptakan image yang positif di pasar sasaran, maka produk kita akan menguasai pasar tersebut.

    BalasHapus
  22. Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.

    BalasHapus
  23. endang 3PAC...
    menurut saya,,,Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.

    BalasHapus