Rabu, 14 Oktober 2009

Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan

Pertemuan 1


Pengertian Pemasaran

Seringkali terjadi salah pengertian dalam memahami arti pemasaran dalam sebuah perusahaan. Sering orang mengartikan pemasaran sebagai cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjual produknya. Yang lain mengartikan pemasaran sebagai usaha promosi atau cara perusahaan mempengaruhi konsumen agar membeli produknya. Arti pemasaran yang sebenarnya adalah lebih luas dari pengertian-pengertian itu. Seperti yang diungkapkan pakar pemasaran, Philip Kotler, pemasaran merupakan suatu proses social dan melalui proses tersebut, individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
cara menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain.

Lebih kongkrit William J. Stanton, pakar yang lain, mengatakan bahwa pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Dari kedua definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa pemasaran tidak hanya terbatas pada kegiatan penjualan dan promosi saja, melainkan dimulai sejak merencanakan produk yang akan dipasarkan sampai pada cara pendistribusiannya. Namun demikian dalam kenyataannya, meskipun para pelaku bisnis sudah tahu dan paham tentang arti pemasaran, masih sering kita lihat mereka hanya menekankan pada beberapa aspek pemasaran saja dalam memasarkan produknya. Kenyataan ini tidak terlepas dari orientasi mereka dalam melakukan pemasaran. Dengan kata lain, hal ini sangat tergantung dari falsafah pemasaran (marketing philosophy) yang mereka gunakan. Untuk ini, Kotler mengajukan 5 macam orientasi/konsep pemasaran yang sering/dapat dilakukan perusahaan dalam melakukan upaya pemasaran yaitu konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, dan konsep pemasaran yang bersifat kemasyarakatan (social marketing
concept)

Bukan hanya definisi saja, tapi siswa diharapkan memahami beberapa point :

A. Siapa konsumen (dalam 5 kategori)

  1. sejumlah kecil masyarakat mampu yang secara rutin mengunjungi Restoran dan Hotel mewah (penghasilan dan pendidikan tinggi)
  2. pelaku bisnis (berasal dari kelompok 1)
  3. kelompok masyarakat dengan penghasilan pas-pasan (kelompok ini tidak bersedia mengeluarkan banyak uang untuk citarasa, kualitas dan pelayanan)
  4. generasi muda (kunjungan Hotel, Restoran dan Cafe)
  5. wisatawan mancanegara

untuk kategori pertama dan kedua disini sering ditemukan hidangan mancanegara seperti Hotel "Luk's". untuk kategori ke-3 dan ke-4 hal yang diinginkan adalah makan lebih sederhana, pelayanannya dapat lebih cepat/tanpa pelayanan (self service). bagi mereka yang berada di kategori ke-5 adalah Hotel, Restoran dan Cafe plus mewah.



B. Gaya Hidup

1. modal (masyarakat yang memiliki penghasilan minimal) jarang mengunjungi Hotel, Restoran dan Cafe. Contohnya : pengangguran dan kaum lanjut usia.

2. sosial :

a. pengikut (kualitas produk yang utama)

b. uang terbatas dan banyak waktu

c. pekerja keras dan tidak ada waktu

d. pesaing (kelompok yang sensitif terhadap perubahan mode)

kelompok ini belum memiliki penghasilan tinggi namun sebagian besar dibelanjakan dengan cara dilihat orang lain melalui Hotel, Restoran dan Café.

1. Berhasil dalam karier

Kelompok masyarakat yang memiliki karier dan penghasilan tinggi. Kelompok bisnis masuk dalam kategori ini dan sering mengadakan perjalanan dan terkadang membiayainya dengan uang orang lain/perusahaan (pengguna HoReCa terbuka karena mereka beranggapan telah memiliki hak)

Lingkungan Eksternal Pemasaran

Sepanjang waktu bauran pemasaran harus diubah karena perubahan lingkungan eksternal. Meskipun manager dapat mengendalikan bauran pemasaran namun mereka tidak dapat mengendalikan elemen-elemen dari lingkungan eksternal yang membentuk pasar sasaran.

Riset pemasaran merupakan alat penting untuk memahami lingkungan. Pengetahuan akan lingkungan membantu perusahaan tidak hanya dalam memodifikasi bauran pemasaran yang ada saat ini, tetapi juga untuk mengidentifikasi pasar baru.

www.ablestock.com

www.downtownabg.com


Sesi Pembahasan :

1. Hal apakan yang membuat orientasi terhadap konsumen menjadi hal yang perlu diperhatikan ?

2. Carikanlah contoh dari Riset pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dibidang jasa/hospitality untuk mempertahankan pasarnya dan mengidentifikasi pasar baru !

diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...

Bahasan selanjutnya » Lingkungan Pemasaran

28 komentar:

  1. 2 . mengadakan survey pasar untuk mengetahui keadaan pasar dan para pesaing perusahaan . dan juga mencari tau perkembangan pasar yang dapat menjadi peluang perusahaan dalam mengembangkan usaha .

    BalasHapus
  2. 1. hal yang membuat orentasi terhadap konsumen menjadi hal yang perlu di perhatikan karena tingkat kepuasan setiap konsumen berbeda - beda sehingga orientasi terhadap konsumen sangat di perhatikan.
    2. riset pemasaran yang di lakukan perusahaan di bidang jasa adalah yang biasa di lakukan oleh perusahaan yaitu meriset hal-hal yang di inginkan oleh konsumen seperti pelayanan yang seperti apa yang di ingikan oleh konsumen dengan begitu para perusahaan di bidang jasa mengetahui apa yang di inginkan oleh konsumen

    BalasHapus
  3. riset yang dapat kita lakukan dengan melihat pasar konsumen pasar konsumen, apa yang menjadi kebutuhannya saat ini.
    misalanya melihat dari perkembangan teknologi yang ada kita dapat memanfaatkan itu dengan membuka usaha warnet atau game online, pasar konsumen yang dapat kita pertahankan mulai dari pelajar dan mahasiswa, namun untuk mengembangkan pasar kita dapat memulai dengan menambahkan jasa pengetikan atau pencetakan foto.
    pertanyaan :
    1. untuk melakukan riset dpt dilakukan pada waktu kapan?

    BalasHapus
  4. setuju dengan irenz...


    selain mengadakan survey pasar,perusahaan juga dapat memberikan promosi kepada para konsumennya,dengan cara promosi perusahaan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produknya.
    dari situ perusahaan juga dapat mengidentifikasi pasar baru,untuk meperkembangkan usaha barunya.

    BalasHapus
  5. 2.contoh riset pemasaran oleh perusahaan dibadang jasa yaitu mengadakan seminar ataupun kunjungan ke sejumlah tempat yang sudah berpotensi tinggi atas kemampuan perusahaan tersebut untuk memasarkan jasanya, sehingga kita mempunyai penilaian dan pandangan agar dapat mempertahankan pasar dan juga dapat mengidntifikasikan peluang pasar baru.

    BalasHapus
  6. saya akan menanggapi pertanyaan artha.

    Riset pasar dapat di lakukan pada saat mengidentifikasi pasar baru, untuk membuka peluang usaha.

    BalasHapus
  7. 1. menurut saya mengapa kita harus memperhatikan orientasi pada konsumen karena kita ingin mengetahui ap yang konsumen inginkan dari jasa yang kita hasilkan sehingga konsumen pun merasa puas dan diharapkan konsumen tersebut dapat memberikan informasi dari mulut ke mulut sehingga lebih banyak konsumen datang ke perusahaan sehingga menambah pendapatan perusahaan .

    BalasHapus
  8. menurut saya
    1.hal yang perlu dalam orientasi konsumen adalah tingkat kepuasan yang di rasakan oleh konsumen,oleh sebab itu tingkat kepuasan tersebut harus ditingkatkan lagi oleh perusahaan yang bekerja di bidang jasa,,,
    2.contohnya seperti hotel...dimana hotel tarsebut harus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen,agar konsumaen memiliki kesan yang baik bagi hotel tersebut dan kemungkinan konsumen tersebut akan memakai jasa hotwl itu kembali.............

    BalasHapus
  9. 1.mengapa harus di perhatikan karena konsumen merupakan bagian terpenting dalam suatu usaha agar usaha tersebut menjadi lebih berkembang dan maju.oleh karena itu konsumen harus di perlakukan sebagai raja dan kepuasan mereka baik jasa maupun perusahaan yang lain.

    apakah yang harus dilakukan bagi perusahaan dalam bidang jasa agar tidak menjadi terpuruk dalam bidangnya????
    padahalkita tahu bahwa dalam bidang jasa tidak bertahan lama dan sering berubah-ubah......

    BalasHapus
  10. 3PAC

    1. suatu perusahaan yang menerapkan orientasi terhadap konsumen, maka :

    1. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.

    2. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.

    3. Menentukan produk dan program pemasarannya.

    4.Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku mereka.

    5.Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

    Untuk memberikan kepuasan secara optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus diintegrasikan. Hindari adanya pertentangan antara perusahaan dengan pasarnya. Salah satu cara penyelesaian untuk mengatasi masalah koordinasi dan integrasi ini dapat menggunakan satu orang yang mempunyai tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemasaran, yaitu manajer pemasaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan bagian dalam perusahaan turut serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

    Mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen
    Salah satu tujuan dari perusahaan adalah untuk mendapatkan profit atau laba. Dengan laba tersebut perusahaan bisa tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Sebenarnya laba merupakan tujuan umum dari sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang mempunyai tujuan lain disamping laba. Dengan menggunakan konsep pemasaran ini, hubungan antara perusahaan dan konsumen akan dapat diperbaiki yang pada akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.

    BalasHapus
  11. rima fauziah 3 pac

    1. menurut saya knp orientasi pasar harus di perhatikan agar apa yang kita rencanakan dan tujuan konsumen yang kita tergetkan dapat tepat sasaran sehingga dapat menyiapkan semua keperluan dan kebutuhan yang sesuai dengan konsumen atau pelanggan yang kita targetkan sehingga dapat mencapai presentasi penghasilan perusahaan yang sudah di targetkan.


    2. untuk mempertahankan pasarnya adalh dengan cara memperhatikan dengan seksama apa yang menjadi needs and wont dari konsumen atau pasar kita tersebut agar bila ada kekurangan dapat di perbaiki dan dapat meningkatkan pelayanaan kita sesuai dengan kelas dari ekonomi pasar kita atau pelanggan kita.

    cara mengidentifikasi pasar yang baru adalah melihat kelas atau bagian pasar mana yang di targetkan dan melihat bagaimana kelakuan dari para pasar tersebut dan melihat dariu need and wontsnya tersebut

    BalasHapus
  12. menurut saya mengapa orientasi pasar harus ada agar kita dapat tepat sasaran dalam memberikan semua fasilitas dan kebutuhan tamu pada tempatnya tidak kurang dan tidak juga terlalu berlebih agar tamu merasakan nyaman

    BalasHapus
  13. menurut saya kenapa adanya orientasi pasar karena agar kita sebagai perusahaan dapat nenempatkan semua pelayanan kepada pelanggan dapat tepat sasaran agar tetap mempertahankan pasar kita.

    BalasHapus
  14. perusahaan yang melakukan orientasi pasar agar perusahaan tersebut mangetahui suatu keperluan
    Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
    Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.Menentukan produk dan program pemasarannya.Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur,menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku mereka agar semua pelayanan yang kita berikan dapat sesuai dengan yang mereka butuhkan dan mereka harapkan sesuai dengan kelas dari para konsumn kita

    BalasHapus
  15. 1.karna tampa adanya orientasi,kita tidak dapat memper kenalkan produk kepada konsumen,sehingga kita tidak dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen,karna oleh itu orientasi sangatlah penting untuk d perhatikan.

    BalasHapus
  16. 3PAC

    1. yang membuat orientasi terhadap konsumen perlu diperhatikan adalah setiap lifestyle serta keinginan yang berbeda 1 sama lain, jadi orientasi harus dilakukan pada pasar yang tepat.

    BalasHapus
  17. 1. hal yang membuat orientasi terhadap konsumen perlu diperhatikan adalah Melakukan segmentasi pasar akan berusaha mengelompokkan konsumen kedalam beberapa segmen yang secara relatif memiliki sifat-sifat homogen dan kemudian memperlakukan masing-masing segmen dengan cara atau pelayanan yang berbeda.

    BalasHapus
  18. Redemptus Alfa A M Gale20 Oktober 2009 pukul 02.19

    1. hal yg perlu diperhatikan saat membuat orientasi terhadap konsumen adalah memperhatikan segmentasi pasar dan keinginan2 para costumer/konsumen.

    2. riset yg perlu di lihat langsung/terjun langsung ke pasar yang tepat sesuai riset.

    BalasHapus
  19. 1. konsumen merupkan salah satu bagian terpenting dari keberhasilan suatu bisnis / perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan harus menjadikan konsumen sebagai orientasi penting. Semua barang/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan harus bersifat memenuhi kebutuhan konsumen. Maka sebelum membuat suatu barang atau menawarkan jasa perusahaan harus melihat bagaimana sebenarnya konsumen mereka. Dapat ditinjau dari sisi pendapatan, apakah produk yang perusahaan tawarkan mampu dimiliki oleh konsumen. Dari sisi keinginan yang berbeda-beda, setiap konsumen memiliki keinginan yang berbeda jadi produk tersebut harus mampu mewakili dari semua keinginan konsumen. Begitu juga dari sisi kepuasan konsumen yang berbeda-beda. Produk barang atau jasa diciptakan dan ditawarkan untuk konsumen, jadi konsumen lah yang menentukan akan seperti apa produk tersebut. Apabila perusahaan tidak berorientasi pada konsumen maka produk yang perusahaan ciptakan tidak akan laku di pasaran.

    BalasHapus
  20. tingkat kepuasan konsumen berdasarkan pada orientasi konsumen itu sendiri.
    Orientasi konsumen terdiri dari tiga faktor yaitu, faktor konsuman, faktor
    karyawan, dan faktor perusahaan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
    adalah makin tinggi pengetahuan konsumen tentang merk akan meningkatkan
    kepuasan konsumen, makin baik pelayanan yang diberikan oleh karyawan akan
    meningkatkan kepuasan konsumen dan makin tinggi kredibilitas perusahaan
    makin meningkatkan kepuasan konsumen.
    thnx

    BalasHapus
  21. Putri Ulina

    1. Konsumen akan memilih perusahaan yang produk nya laku di pasaran. Akan tetapi perusahaan harus mengetahui keinginan konsumen yang seperti apa.
    peran konsumen sangatlah berpengaruh terhadap keuntungan yang akan diperoleh oleh konsumen.
    produk yang laku dipasaran menandakan bahwa strategi manajemen yang dilakukan oleh perusahaan sangat memuaskan, dan sebaliknya, jika produk yang tidak laku di pasaran menandakan bahwa strategi manajemen yang dilakukan tidak bagus.

    BalasHapus
  22. 1. tingkat kepuasan (baik pelayanan ataupun berupa barang)konsumen terhadap produk yang di tawarkannya..selain itu perusahaan pun harus mengetahui keinginan setiap konsumennya karena setiap keinginan konsumen sangat berbeda-beda..jika dari sisi managementnya sudah baik maka produk yang di tawarkan akan membawa dampak yang sangat baik pula terhadap perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  23. 1. karena tingkat kepuasan pelanggan yang akan menciptakan suatu image dan citra baik itu positif maupun negatif bagi perusahaan itu sendiri sehingga hal ini sangat berpengaruh bagi keuntungan ataupun kerugian bagi perusahaan.
    2. contoh riset pemasaran di bidang jasa, dengan diadakannya wawancara secara khusus baik bagi perorangan maupun kelompok yang menggunakan jasa dari perusahaan itu srndiri dengan tujuan untuk menhasilakan jasa yang terbaik bagi konsumennya sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai.

    BalasHapus
  24. 1.hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat
    kepuasan konsumen terhadap barang yang kita
    pasarkan.karena dengan puasnya konsumen,akan
    membuat keuntungan untuk kita(perusahaan)dalam
    hal pemasukan.

    BalasHapus
  25. Nama : DIDIER A.R

    hal yang penting untuk diperhatikan sebagai perusahaan yang menawarkan produk danjasa adalah menganalisis apa yang menjadi kebutuhan konsumen. sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk memproduksi produk tersebut untuk dikonsumsi karena sesuai dengan kebutuhan konsumennya

    BalasHapus
  26. chandrata 200711000513 November 2009 pukul 20.51

    1. orientasi kepada konsumen berarti memperkenalkan produk kita kepada konsumen, tentu hal ni sangatlah penting, karena dengan melakukan hal tsb maka pasar akan mengetahui kualitas produk kita, sehingga hal ini akan memunculkan minatan mereka untuk membeli/menggunakan produk/jasa perusahaan kita.

    BalasHapus
  27. johan(6PAA)(2006110132)
    konsumen adalah unsur yang sangat penting dalam proses pemasaran..
    jadi kita perlu memahami siapa itu konsumen..
    dan konsumen yang kita hadapi dalam proses pemasaran..
    jadi produk yang dihasilkan harus sesuai dengan karakteristik konsumen yang akan kita hadapi..

    BalasHapus
  28. 3PAC,,,
    menurut saya... hal yang harus dilakukan dalm membuat orientasi terhadap konsumen perlu diperhatikan adalah Melakukan segmentasi pasar akan berusaha mengelompokkan konsumen kedalam beberapa segmen yang secara relatif memiliki sifat-sifat homogen dan kemudian memperlakukan masing-masing segmen dengan cara atau pelayanan yang berbeda, lalu kita juga harus memahami kebutujan konsemen dalam dunia pemasaran.

    BalasHapus