Senin, 19 Oktober 2009

PASAR BISNIS DAN TINGKAH LAKU PEMBELI BISNIS PADA PASAR ORGANISASI

BAB V

PASAR BISNIS DAN TINGKAH LAKU PEMBELI BISNIS

PADA PASAR ORGANISASI

Pertemuan ke-4



Pasar bisnis/pasar industri:

Semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dipergunakan dalam memproduksi produk, atau dengan tujuan dijual lagi atau disewakan kepada pihak lain dengan mengambil untung.


Saat ini pemasok menjadi sangat kompetitif dalam 30 tahun terakhir ratusan restoran multi unit dan hotel telah dibentuk, yang berujung pada pembentukan ribuan hotel dan restoran. Disaat yang sama, dalam beberapa tahun terakhir industry keramah tamahan dan perjalanan telah mengalami perubahan global.


Proses pembelian pasar bisnis:

Proses mengambil keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar bisnis adalah dengan menetapkan kebutuhan untuk membeli produk dan mengenali, mengevaluasi serta memilih

merek dan pemasok alternatif.


Karakteristik pasar industri:

1. Struktur Pemasaran dan Permintaan

  • Pasar industri mengandung pembeli yang lebih sedikit tetapi lebih besar
  • Pelanggan di pasar industri lebih terkonsentrasi secara geografis
  • Permintaan pembeli di pasar industri berasal dari permintaan konsumen akhir (permintaan turunan)
  • Permintaan di banyak pasar industri lebih tidak elastis (tidak terpengaruh oleh perubahan harga dalam jangka pendek)
  • Permintaan di pasar industri lebih berfluktuasi dan lebih cepat

2. Sifat Unit Pembelian

  • Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli
  • Pembelian di pasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih profesional

3. Jenis Keputusan dan Proses Keputusan

  • Pembeli di pasar industri, biasanya menghadapi keputusan membeli yang lebih kompleks
  • Proses pembelian di pasar industri lebih formal
  • Dalam pembeian di pasar industri, pembeli dan penjual bekerja lebih erat dan membangun hubungan erat jangka panjang.

4. Karateristik Lain

Pembeli di pasar industri sringkali membeli langsung dari produsen, bukan lewat

pedagang eceran atau pedagang besar.

  • Pembeli di pasar industri seringkali mempraktikan imbal beli, membeli dari pemasok yang juga membeli dari mereka.
  • Pembeli di pasar industri seringkali menyewa peralatan, bukannya membeli langsung

Keputusan pembelian yang diambil oleh pembeli di pasar industri


Berbagai jenis situasi membeli:
  • Pembelian ulang langsung
  • Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli secara rutin memesan ulang tanpa modifikasi apapun
  • Pembelian ulang dengan modifikasi Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, persyaratan atau pemasok
  • Tugas baru

Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli ingin membeli produk untuk pertama kalinya.


Pembeli mengambil keputusan paling sedikit dalam pembelian ulang langsung dan paling

banyak dalam situasi tugas baru. Dalam tugas baru, pembeli harus memutuskan spesifikasi

produk, pemasok, batas harga, jumlah yang dipesan, waktu penyerahan dan persyaratan pelayanan.


Yang berpartisipasi dalam proses pembelian

Pusat pembelian: semua individu dan unit yang berpartisipasi dalam proses pengambilan

keputusan di pasar industri.

Pusat pembelian, meliputi:

  • Pemakai: anggota organisasi yang akan menggunakan produk, pengguna seringkali menjadi pencetus usulan pembelian dan membantu menetapkan spesifikasi produk.
  • Pemberi pengaruh: Orang dalam pusat pembelian orga nisasi yang mempengaruhi keputusan pembelian, mereka seringkali membantu menetapkan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi alternatif.
  • Pembeli: Orang yang benar-benar melakukan pembelian. Pembeli mempunyai otoritas formal untuk memilih pemasok dan menetapkan persyaratan pembelian. Pembeli dapat membantu menetapkan spesifikasi produk, tetapi mereka memainkan peranan penting dalam memilih penjual dan negosiasi.
  • Pengambil keputusan: orang dalam pusat pembelian organisasi yang mempunyai kekuatan formal dan informal untuk memilih atau menyetujui pemasok akhir
  • Penjaga gawang: Orang dalam pusat pembelian organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.

Pengaruh besar yang mempengaruhi pembeli Pemasar

Pemasar di pasar industri harus tanggap terhadap kecenderungan organisasi dalam bidang

pembelian:

  • Peningkatan fungsi pembelian
  • Pembelian tersentralisasi
  • Kontrak jangka panjang
  • Evaluasi kinerja pembelian
  • Sistem produksi just in time

Bagaimana pembeli di pasar industri mengambil keputusan

Tahap-tahap proses pembelian di pasar industri:

a. Mengenali masalah

Tahap dimana seseorang dalam perusahaan mengenali suatu masalah atau kebutuhan

yang dapat dipenuhi dengan memperoleh produk

b. Uraian kebutuhan secara umum

Tahap dimana perusahaan menguraikan karakteristik dan jumlah barang yamg dibutuhkan

c. Spesifikasi produk, meliputi:

  • Spesifikasi teknis: tahap dimana organisasi pembeli memutuskan mengenai dan memutuskan karakteristik produk teknis terbaik dari barang-barang yamg dibutuhkan
  • Analisis nilai: suatu pendekatan untuk pengurangan biaya, dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandardisasi, atau dibuat dengan metode produksi yang tidak terlalu mahal.

d. Pencarian pemasok

Tahap dimana pembeli mencoba mendapatkan penjual yang terbaik

e. Pengumpulan proposal

Tahap dimana pembeli mengundang pemasok yang memenuhi persyaratan untuk memasukkan proposal

f. Seleksi pemasok

Tahap dimana pembeli meneliti usulan dan memilih satu/beberapa pemasok

g. Spesifikasi pesanan rutin

Tahap dimana pembeli menulis pesanan akhir dengan satu pemasok atau pemasok pemasok terpilih, menyebutkan spesifikasi teknis, jumlah yang diperlukan, waktu penyerahan yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi

h. Penilaian kinerja

Tahap dimana pembeli menilai kepuasan dengan para pemasok dan memutuskan apakah akan melanjutkan, memodifikasi atau meninggalkan pemasok.


Bahasan :


  1. Variabel kualitas layanan manakah yang dominan mempengaruhi kepuasan pembeli organisasi pada pasar organisasi ?



diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...

Bahasan selanjutnya » segmentasi pasar




24 komentar:

  1. pemasaran didunia perhotelan dan pariwisata sangat lah luas,oleh karena itu didlm dunia tersebut kita harus memiliki marketing yang bagus untuk memperbanyak pangksa pasar dgn memperbanyak menyedot sebanyak-banyaknya konsumen,baik pembeli nyta maupun pembeli potensial....dengan begitu kemungkinan besar perusahaan yg bergerak di bidang tersebut akan memiliki kemajuan yang sangat pesat...

    pertanyaan saya:
    1.sebagai seorang mahasiswa yang memiliki pemikiran yang luas,bagaimana solusi anda untuk memajukan pangsa pasar di bidang perhotelan maupun pariwisata???thks...saya tunggu jawabannya...........

    BalasHapus
  2. Ratih Andari.....2003310004 (mnajmn pmsran)

    Pada dasarnya pemasaran dalam dunia apapun termasuk dalam dunia bisnis/industri adalah bagaimana cara seorang/produsen memiliki trik khusus untuk menjual baik itu produk barang atau jasa,se'efektif mungkin sehingga mencapai hasil yang menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri.Disisi lain industri keramah tamahan dan perjalanan mengalami perubahan yang global, seiring dengan kemajuan pola pikir manusia itu sendiri yang makin lama semakin maju.

    Pertanyaan:
    1. Menurut anda Adakah trik atau sistem khusus untuk memasarkan suatu jasa ataupun barang sehingga tepat sasaran dan cepat menarik minat konsumen untuk dapat selalu menggunakan produk-produk ataupun jasa dari perusahaan tersebut yang notabene keinginan dan kebutuhan pasar itu selalu berubah-ubah?

    BalasHapus
  3. siti chaerani iskandar 2008110088

    menurut saya sebelum memasarkan jasa atau barang sebaiknya kita mengetahui needs and wants para pelanggan kita karena dengan mengetahui needs and wants pelanggan kita tidak akan salah target.

    saya pernah baca disuatu artikel bahwa kebanyakan kegagalan perusahaan-perusaaaan sekarang adalah karena mereka tidak bisa atau salah mengidentifikasikan siapa target market mereka. maka jelas, identifikasi siapa pelanggan kita itu sangat penting disamping itu STP 4P(segmentation, targeting, positioning, price, promotion, place, product) juga memegang peran penting.

    difrensiasi produk merupakan cara yang ampuh untuk untuk menarik pelanggan di zaman global yang berubah-ubah ini dan perilaku konsumen menjadi masukan bagi pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran, maka suatu perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi konsumen yang menjadi target marketnya, sehingga penentuan segmentasi pasar, pemilihan pasar sasaran, dan kemudian positioning sebagai pedoman dari strategi bauran pemasaran menjadi penting untuk diperhatikan dengan baik.

    BalasHapus
  4. riky sukardi 2008110105


    menurut saya, memasarkan akomodasi perhotelan, ataupun pariwisata merupakan hal yang sulit dilakukan, harus mempunyai keahlian khusus, dan mempunyai target2 pertama dan kedua yang harus dicapai.


    dari saya tidak ada pertanyaan.
    mungkin komentar yang saya ajukan tidak masuk atau keluar dari materi, mohon maaf ya.

    BalasHapus
  5. Fatkhiyatul.Muftah23 Oktober 2009 pukul 08.17

    Fatkhiyatul.Mutfah
    NIM : 2008110104

    Menurut saya, sebelum menawarkan suatu barang kepada konsumen, sebaiknya kita mengetahui kebutuhan pelanggan kita, karena kita dapat memuaskan target kita dan agar tidak salah target.

    Strategi Pemasaran sangat mempengaruhi bagi berkembangnya suatu perusahaan, karena strategi Pemasaran dapat mempengaruhi konsumen kita agar tetap menjadi pelanggan.

    BalasHapus
  6. 1. Begitu dominan peranan Pelanggan dalam perusahaan, sehingga para pengusaha selalu berlomba-lomba menggali potensi yang terbaik untuk dipersembahkan kepada pelanggan, namun pada kenyataannya tidak sedikit perusahaan yang malahan bingung untuk memustukan siapa pelanggan kita ?

    Ketika “kepuasan pelangan” ingin ditanamkan untuk menjadi NILAI PERUSAHAAN maka perusahaan ini harus tahu betul siapa pelanggan itu, dan harus tahu betul apa yang mesti dilakukan/diberikan kepada pelanggan?, sehingga pada akhirnya pelanggan itu akan memberikan konstribusi besar dalam bisnis perusahaan, tetapi bagaimana mungkin nilai perusahaan itu akan berjalan kalau kita sendiri masih “kabur” dengan siapa pelanggan kita.

    Istilah pelanggan (customer) muncul dalam berbagai referensi “marketing” hal ini tidak lain adalah untuk memberikan sesuatu nilai yang lebih kepada pembeli (buyer) sehinga mereka akan menjadi pembeli yang loyal ataupun menjadi pembeli potensial (value customer). Bahkan menurut penelitian Bill Fromm dan len Schlesinger (Menjadi juara sejati dalam bisnis: 1977) ada pelaku bisnis yang menyatakan “ pembeli pertama itu adalah pelanggan”.

    Berbagai macam teori dikembangkan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan mulai design product sampai end user sehingga dikenalah istilah ”marketing mix, customer service exellence, service after sales, customer relationship management, sampai servant management” .

    Pengertian pelanggan secara sempit adalah semua orang atau organisasi yang melakukan pembelian produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Termasuk dalam pengertian ini pembeli riil (yang benar-benar sudah membeli) atau pembeli potensial (target market, pembeli pertama dan pembeli yang baru mengadakan penjajakan).
    Pengertian pelanggan dalam arti luas adalah semua pihak yang mempunyai hubungan / kepentingan dengan perusahaan (stake holders) seperti ; Supplier , Distributor/penyalur, pemilik perusahaan, kreditor/investor, karyawan organik/non organik, pembeli produk & jasa.

    sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  7. Dalam menganalisis peluang pasar, pemasar perlu melalukan analisis perilaku konsumen untuk mengidentifikasi perilaku beli konsumen dan proses pembeliannya beserta faktor-faktor yang menurut saya, mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Analisis perilaku konsumen ditujukan untuk mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang, jasa dan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku beli konsumen.

    BalasHapus
  8. Dalam menganalisis peluang pasar, pemasar perlu melalukan analisis perilaku konsumen untuk mengidentifikasi perilaku beli konsumen dan proses pembeliannya beserta faktor-faktor yang menurut saya, mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Analisis perilaku konsumen ditujukan untuk mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang, jasa dan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku beli konsumen.
    thnx

    BalasHapus
  9. menurut saya variabel kualitas yang mempengaruhi kepuasan pembeli organisasi pada pasar organisasi adalah kinerja pasar organisasi tersebut. karena apabila kinerja yang diberikan kepada konsumen organisasai itu sesuai terhadap keinginan tentu dapat memeberikan kepuasan yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk yang telah dibuat.
    hal ini tentu saja tidak terlepas dari bagaimana pasar organisasi itu memahami kepribadian konsumen mereka, mencari tau apa dan bagaimana jenis pelayanan dan hasil dari produk yang mereka inginkan..
    mohon maaf apabila ada kekeliruan.thnks

    BalasHapus
  10. RIKA FIRLY ANGGITA
    2007110085


    Menurut saya:

    pangsa pasar dunia saat ini dapat di bilang moody, tergantung dari pada style dan apa yang trjadi saat ini. sebgai seorang pemasar sangat penting untuk memahami kebutuhan konsumen saat ini karena konsumen akan mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

    pemasar jg harus membuat suatu inovasi atau gebrakan untuk mendobrak pangsa pasar, sebagai bentuk timbal balik kepada konsumen.
    sebagai contoh adalah kemasan produk, semakin menarik kemasan itu maka semakin banyak pula konsumen yang mencarinya karena saat ini banyak konsumen yang hanya melihat dari kemasannya saja tanpa melihat isi di dalamnya, dengan kata lain isi adalah nomor 2.

    pertanyaan...
    bagaimana konsumen tertarik dengan ke unikan hotel yg kita punya? sedangkan menarik konsumen sangat lah sulit bagi hotel yang baru di buka....

    mohon maaf jika ada kekeliruan dengan pertanyaan dan pendapat saya dan mohon penjelasannya... trimakasih...

    BalasHapus
  11. menurut saya seblum kita membuat suatu prodak,kita harus melakukan surfai terhadap konsumen,apa yg sat ini sangat d butuhkan.agar ktika kita melakukan pemasaran prodak yang kita punya dapat bermanfat bagi konsumen dan kita dapa untung yg sangan bsar,karna prodak yg kta miliki sangat bermanfat bagi konsumen

    BalasHapus
  12. rima fauziah 3pac

    pada dasarnya semua pasar yang perorang atau organisasi menginginkan swuatu prodak yang ia butuhkan sebagai pemenuh kepuasannya,
    dan untuk memenuhui kebutuhan dan produk yang dibutuhkan pasar atau produsen harus meniliti dan mencermati apa dan bagaimana produk tersebut dinginkan oleh konsumen, selain produk yang diinginkan konsumen juga menginginkan bagaimana fasiltias dan service dari penjual sehingga pembeli atau pasar lebih tertarik,

    layanan yang membuat pasar lebih tertarik biasanya pasar yang secara langsung menerangkan kelebihan dan kekurangan dari barang tesebut

    BalasHapus
  13. menurut saya kepuasan pembeli orhanisasi atau pasar kelompok adalah aproaching (menawarkan)negotiet setelah itu konsumen di maintanence dan di entertaining supaya terjadadi repeat business(konsumen atau pembeli ingin kembali membeli produk atau jasa tersebut)

    BalasHapus
  14. menurut saya variabel kualitas layanan yg mempengaruhi kepuasan pembeli yaitu
    1. Ada ny bukti langsung (tangibles) misal ny fasilitas fisik, perlengkapan dan peralatan, penampilan pegawai, dan sarana komunikasi.
    2. Kehandalan (reliability)
    yaitu suatu kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera dan memuaskan.
    3. Daya tanggap (responsiveness)
    Adalah respon atau kesigapan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
    4. Jaminan (assurance)
    Adalah suatu kemampuan untuk
    melaksanakan tugas secara spontan yang dapat menjamin kinerja yang baik
    sehingga menambahkan kepercayaan konsumen.
    5. Perhatian (emphaty)
    sehingga konsumen dpt merasa d'hargai.

    BalasHapus
  15. PUTRI ULINA
    2006110042

    menurut saya variabel kualitas layanan terbentuk melalui salah satu contoh,yaitu:

    a.Harga
    Melihat tanggapan konsumen mengenai variabel harga harga helm merk GV yang ditetapkan dibandingkan dengan harga produk pesaingnya yang sejenis.
    1.Perbandingan dengan harga pesaing
    Tanggapan konsumen terhadap perbandingan harga helm merk GV dengan helm merk lain yang sejenis seperti Arai, Shoe, Nolan, dan lain-lain. Diukur dalam rupiah.
    2.Harga yang ditetapkan
    Tanggpan konsumen terhadap harga yang ditetapkan dari produk yang dbeli konsumen. Diukur dalam rupiah.
    b.Selera
    Gambaran produk helm GV yang diinginkan konsumen dalam memberikan kesenangan dan kepuasan. Indikatornya adalah :

    1.Jenis Model
    Penilaian konsumen terhadap berbagai tipe pilihan helm merk GV yang ditawarkan oleh produsen.
    2.Warna
    Penilaian konsumen terhadap ragam pilihan warna yang ada pada helm merk GV.
    3.Penampilan Luar (Body)
    Penilaian konsumen terhadap penampilan luar helm merk GV dibandingkan dengan produksi pesaingnya.
    Ketiga indicator di atas diukur berdasarkan tingkat kesenangan dan kepuasan konsumen.
    c. Kualitas (X3)
    Melihat tanggapan konsumen mengenai kualitas helm merk GV.
    1.Kenyamanan
    Penilaian konsumen pada saat menggunakan helm.
    2.Daya Tahan
    Penilaian konsumen terhadap usia operasional helm merk GV yang diharapkan dalam berbagai kondisi cuaca.
    d.Harga Jual Kembali
    Mengetahui tanggapan konsumenterhadap harg jual kembali serta kamudahan dalam memasarkan produk yang sudah dipakai.
    1.Harga jual kembali
    Penilaian konsumen terhadap harga dari helm merk GV. Diukur dalam rupiah.
    2.Pemasaran produk purna pakai
    Penilaian konsumen terhadap tingkat kemudahan pemasaran dan penerimaan dari konsumen lainnya terhadap jal merk GV purna pakai. Di ukur berdasarkan perlakuan.
    e.Prestise
    Nilai kebanggaan yang dirasakan seseorang akibat penggunaan suatu produk. Diukur berdasarkan tingkat kesenangan konsumen.
    f.Promosi
    Suatu bentuk komunikasi pemasaran seperti akivitas untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk konsumennya untuk membeli helm merk GV.
    1.Tanggapan konsumen terhadap iklan helm merk GV yang disampaikan oleh pemasar. DApat diukur dri frekuensi, luas jangkauan, serta ukuran.
    2.Hadiah
    Respon konsumen terhadap sikap simpatik pamasar pada saat membeli helm GV. Diukur berdasarkan tingkat kesenangan konsumen

    BalasHapus
  16. variabel kualitas pelayanan yang dominan menurut saya adalah kepuasan pelanggan yaitu penilaian bahwa bentuk/ model produk atau jasa itu sendiri dapat memberikan tingkat pemenuhan berkaitan konsumsi yang meyenangkan yang menyangkup kepuasan akan keandalan, kemampuan, daya tangap, jaminan , empati dan bukti fisik.

    BalasHapus
  17. Menurut saya, kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dengan harapan nya. dan dengan mencari tahu kepuasan pelanggan, juga sangat di pengaruhi oleh tingkat pelayanan. dan agar layanan dapat memuaskan orang atau sekelompok orang yang dilayani, ada empat persyaratan pokok, yaitu :
    1. tingkah laku yang sopan.
    2. cara menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang yang bersangkutan.
    3. waktu penyampain yang tepat, dan
    4. keramahtamahan

    BalasHapus
  18. johan(2006110132)(6PAA)menurut saya kita perlu mengetahui dulu klasifikasi kebutuhan pelanggan sblm kita memproduksi suatu produk.
    sangat penting mengetahui kebutuhan pelanggan supaya kita dapat mengindentifikasi kebtuhan pasar yang ada.
    mksd nya adalah mengindentifikasi perilaku konsumen yang ada..
    sehingga kebtuhan pasar tercapai..

    BalasHapus
  19. menurut saya kualitas utama adalah sebuah kepuasan yang harus di peroleh konsumen danmemenuhi semua kebutuhan yang di inginkan.
    karena kepuasan konumen sangat berpearuh langsungterhadap sebuah kemajuan peruahaan.

    BalasHapus
  20. DIDIER A.D ( 2006110138 )(6paa)

    dalam melakukan pemasaran tersebut perlu untuk sebuah perusahaan menganalisis pangsa pasar sehinga perusahaan tahu tingkat kelayakan bisnis yang akan dilakukan. seperti pada saat ini dimana situasi sekarang kita sudah menjenjang kehidupan serba teknologi yang modern di dalam era globalisasi.suatu perusahaan harus mengambil peluang dari situasi ini seperti memberikan pelayanan internet dimana akan dapat membantu para pebisnis melakukan bisnisnya secara lebih efisien dan efektif. begitu juga dengan yang lainnya yang berhubungan dengan peralatan yang canggih, automatic dan modern

    BalasHapus
  21. chandrata 200711000513 November 2009 pukul 20.11

    terdapat banyak cara memasarkan produk yang kita jual. tetapi langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian atas keinginan pasar, apa yang menjadi kebutuhan pasar ? hal itulah yang harus di teliti dan di cari oleh perusahaan sebelum mereka memasarkan produk mereka, dengan melakukan hal tsb, maka perusahaan akan mendapatkan kesempatan memenangkan persaingan di pasar sasaran lebih besar dariapda pesaing-pesaingnya.

    jika produk yang ingin dikeluarkan adalah produk baru, dan tidak adanya target pasar, maka perusahaan haruslah menciptakan pasar sendiri, setelah pasar tercipta, maka perusahaan akan menjadi leader di pasar tersebut, tentu saja hal ini akan menhasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan, baik dalam segi pendapatan maupun positioning produknya .

    BalasHapus
  22. endang 3PAC,,,
    menurut saya... kita harus tahu dulu produk apa yang sedang di inginkan oleh pelanggan di pasaran lalu kita juga harus mengutamakan kualitas produk yang baik, agar konsemen tidak kecewa.
    dengan begitu perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

    BalasHapus
  23. tentu saja variable kualitas yang memenuhi persyaratn dan harapan dai customer tersebut. kita harus melihat harapn dan keinginan customer tersebut agar produk yang mereka harapkan sesuai dengan keingina mereka

    BalasHapus
  24. menrut saya kwulitas produk sangat menentukan kwlitas dari perusahaan tersebut sengga konsumen akan dengan sendirinya tahu man produk yang mempunyai kwlitas yang terbaik

    BalasHapus