PASAR BISNIS DAN TINGKAH LAKU PEMBELI BISNIS
PADA PASAR ORGANISASI
Pertemuan ke-4
Pasar bisnis/pasar industri:
Semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dipergunakan dalam memproduksi produk, atau dengan tujuan dijual lagi atau disewakan kepada pihak lain dengan mengambil untung.
Saat ini pemasok menjadi sangat kompetitif dalam 30 tahun terakhir ratusan restoran multi unit dan hotel telah dibentuk, yang berujung pada pembentukan ribuan hotel dan restoran. Disaat yang sama, dalam beberapa tahun terakhir industry keramah tamahan dan perjalanan telah mengalami perubahan global.
Proses pembelian pasar bisnis:
Proses mengambil keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar bisnis adalah dengan menetapkan kebutuhan untuk membeli produk dan mengenali, mengevaluasi serta memilih
merek dan pemasok alternatif.
Karakteristik pasar industri:
1. Struktur Pemasaran dan Permintaan
- Pasar industri mengandung pembeli yang lebih sedikit tetapi lebih besar
- Pelanggan di pasar industri lebih terkonsentrasi secara geografis
- Permintaan pembeli di pasar industri berasal dari permintaan konsumen akhir (permintaan turunan)
- Permintaan di banyak pasar industri lebih tidak elastis (tidak terpengaruh oleh perubahan harga dalam jangka pendek)
- Permintaan di pasar industri lebih berfluktuasi dan lebih cepat
2. Sifat Unit Pembelian
- Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli
- Pembelian di pasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih profesional
3. Jenis Keputusan dan Proses Keputusan
- Pembeli di pasar industri, biasanya menghadapi keputusan membeli yang lebih kompleks
- Proses pembelian di pasar industri lebih formal
- Dalam pembeian di pasar industri, pembeli dan penjual bekerja lebih erat dan membangun hubungan erat jangka panjang.
4. Karateristik Lain
Pembeli di pasar industri sringkali membeli langsung dari produsen, bukan lewat
pedagang eceran atau pedagang besar.
- Pembeli di pasar industri seringkali mempraktikan imbal beli, membeli dari pemasok yang juga membeli dari mereka.
- Pembeli di pasar industri seringkali menyewa peralatan, bukannya membeli langsung
Keputusan pembelian yang diambil oleh pembeli di pasar industri
Berbagai jenis situasi membeli:
- Pembelian ulang langsung
- Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli secara rutin memesan ulang tanpa modifikasi apapun
- Pembelian ulang dengan modifikasi Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, persyaratan atau pemasok
- Tugas baru
Situasi pembelian di pasar industri, di mana pembeli ingin membeli produk untuk pertama kalinya.
Pembeli mengambil keputusan paling sedikit dalam pembelian ulang langsung dan paling
banyak dalam situasi tugas baru. Dalam tugas baru, pembeli harus memutuskan spesifikasi
produk, pemasok, batas harga, jumlah yang dipesan, waktu penyerahan dan persyaratan pelayanan.
Yang berpartisipasi dalam proses pembelian
Pusat pembelian: semua individu dan unit yang berpartisipasi dalam proses pengambilan
keputusan di pasar industri.
Pusat pembelian, meliputi:
- Pemakai: anggota organisasi yang akan menggunakan produk, pengguna seringkali menjadi pencetus usulan pembelian dan membantu menetapkan spesifikasi produk.
- Pemberi pengaruh: Orang dalam pusat pembelian orga nisasi yang mempengaruhi keputusan pembelian, mereka seringkali membantu menetapkan spesifikasi dan juga menyediakan informasi untuk mengevaluasi alternatif.
- Pembeli: Orang yang benar-benar melakukan pembelian. Pembeli mempunyai otoritas formal untuk memilih pemasok dan menetapkan persyaratan pembelian. Pembeli dapat membantu menetapkan spesifikasi produk, tetapi mereka memainkan peranan penting dalam memilih penjual dan negosiasi.
- Pengambil keputusan: orang dalam pusat pembelian organisasi yang mempunyai kekuatan formal dan informal untuk memilih atau menyetujui pemasok akhir
- Penjaga gawang: Orang dalam pusat pembelian organisasi yang mengendalikan arus informasi kepada orang lain.
Pengaruh besar yang mempengaruhi pembeli Pemasar
Pemasar di pasar industri harus tanggap terhadap kecenderungan organisasi dalam bidang
pembelian:
- Peningkatan fungsi pembelian
- Pembelian tersentralisasi
- Kontrak jangka panjang
- Evaluasi kinerja pembelian
- Sistem produksi just in time
Bagaimana pembeli di pasar industri mengambil keputusan
Tahap-tahap proses pembelian di pasar industri:
a. Mengenali masalah
Tahap dimana seseorang dalam perusahaan mengenali suatu masalah atau kebutuhan
yang dapat dipenuhi dengan memperoleh produk
b. Uraian kebutuhan secara umum
Tahap dimana perusahaan menguraikan karakteristik dan jumlah barang yamg dibutuhkan
c. Spesifikasi produk, meliputi:
- Spesifikasi teknis: tahap dimana organisasi pembeli memutuskan mengenai dan memutuskan karakteristik produk teknis terbaik dari barang-barang yamg dibutuhkan
- Analisis nilai: suatu pendekatan untuk pengurangan biaya, dimana semua komponen dipelajari secara seksama guna menentukan apakah dapat dirancang ulang, distandardisasi, atau dibuat dengan metode produksi yang tidak terlalu mahal.
d. Pencarian pemasok
Tahap dimana pembeli mencoba mendapatkan penjual yang terbaik
e. Pengumpulan proposal
Tahap dimana pembeli mengundang pemasok yang memenuhi persyaratan untuk memasukkan proposal
f. Seleksi pemasok
Tahap dimana pembeli meneliti usulan dan memilih satu/beberapa pemasok
g. Spesifikasi pesanan rutin
Tahap dimana pembeli menulis pesanan akhir dengan satu pemasok atau pemasok pemasok terpilih, menyebutkan spesifikasi teknis, jumlah yang diperlukan, waktu penyerahan yang diharapkan, kebijakan pengembalian barang dan garansi
h. Penilaian kinerja
Tahap dimana pembeli menilai kepuasan dengan para pemasok dan memutuskan apakah
Bahasan :
- Variabel kualitas layanan manakah yang dominan mempengaruhi kepuasan pembeli organisasi pada pasar organisasi ?
diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...
pemasaran didunia perhotelan dan pariwisata sangat lah luas,oleh karena itu didlm dunia tersebut kita harus memiliki marketing yang bagus untuk memperbanyak pangksa pasar dgn memperbanyak menyedot sebanyak-banyaknya konsumen,baik pembeli nyta maupun pembeli potensial....dengan begitu kemungkinan besar perusahaan yg bergerak di bidang tersebut akan memiliki kemajuan yang sangat pesat...
BalasHapuspertanyaan saya:
1.sebagai seorang mahasiswa yang memiliki pemikiran yang luas,bagaimana solusi anda untuk memajukan pangsa pasar di bidang perhotelan maupun pariwisata???thks...saya tunggu jawabannya...........
Ratih Andari.....2003310004 (mnajmn pmsran)
BalasHapusPada dasarnya pemasaran dalam dunia apapun termasuk dalam dunia bisnis/industri adalah bagaimana cara seorang/produsen memiliki trik khusus untuk menjual baik itu produk barang atau jasa,se'efektif mungkin sehingga mencapai hasil yang menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri.Disisi lain industri keramah tamahan dan perjalanan mengalami perubahan yang global, seiring dengan kemajuan pola pikir manusia itu sendiri yang makin lama semakin maju.
Pertanyaan:
1. Menurut anda Adakah trik atau sistem khusus untuk memasarkan suatu jasa ataupun barang sehingga tepat sasaran dan cepat menarik minat konsumen untuk dapat selalu menggunakan produk-produk ataupun jasa dari perusahaan tersebut yang notabene keinginan dan kebutuhan pasar itu selalu berubah-ubah?
siti chaerani iskandar 2008110088
BalasHapusmenurut saya sebelum memasarkan jasa atau barang sebaiknya kita mengetahui needs and wants para pelanggan kita karena dengan mengetahui needs and wants pelanggan kita tidak akan salah target.
saya pernah baca disuatu artikel bahwa kebanyakan kegagalan perusahaan-perusaaaan sekarang adalah karena mereka tidak bisa atau salah mengidentifikasikan siapa target market mereka. maka jelas, identifikasi siapa pelanggan kita itu sangat penting disamping itu STP 4P(segmentation, targeting, positioning, price, promotion, place, product) juga memegang peran penting.
difrensiasi produk merupakan cara yang ampuh untuk untuk menarik pelanggan di zaman global yang berubah-ubah ini dan perilaku konsumen menjadi masukan bagi pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran, maka suatu perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang mampu mempengaruhi konsumen yang menjadi target marketnya, sehingga penentuan segmentasi pasar, pemilihan pasar sasaran, dan kemudian positioning sebagai pedoman dari strategi bauran pemasaran menjadi penting untuk diperhatikan dengan baik.
riky sukardi 2008110105
BalasHapusmenurut saya, memasarkan akomodasi perhotelan, ataupun pariwisata merupakan hal yang sulit dilakukan, harus mempunyai keahlian khusus, dan mempunyai target2 pertama dan kedua yang harus dicapai.
dari saya tidak ada pertanyaan.
mungkin komentar yang saya ajukan tidak masuk atau keluar dari materi, mohon maaf ya.
Fatkhiyatul.Mutfah
BalasHapusNIM : 2008110104
Menurut saya, sebelum menawarkan suatu barang kepada konsumen, sebaiknya kita mengetahui kebutuhan pelanggan kita, karena kita dapat memuaskan target kita dan agar tidak salah target.
Strategi Pemasaran sangat mempengaruhi bagi berkembangnya suatu perusahaan, karena strategi Pemasaran dapat mempengaruhi konsumen kita agar tetap menjadi pelanggan.
1. Begitu dominan peranan Pelanggan dalam perusahaan, sehingga para pengusaha selalu berlomba-lomba menggali potensi yang terbaik untuk dipersembahkan kepada pelanggan, namun pada kenyataannya tidak sedikit perusahaan yang malahan bingung untuk memustukan siapa pelanggan kita ?
BalasHapusKetika “kepuasan pelangan” ingin ditanamkan untuk menjadi NILAI PERUSAHAAN maka perusahaan ini harus tahu betul siapa pelanggan itu, dan harus tahu betul apa yang mesti dilakukan/diberikan kepada pelanggan?, sehingga pada akhirnya pelanggan itu akan memberikan konstribusi besar dalam bisnis perusahaan, tetapi bagaimana mungkin nilai perusahaan itu akan berjalan kalau kita sendiri masih “kabur” dengan siapa pelanggan kita.
Istilah pelanggan (customer) muncul dalam berbagai referensi “marketing” hal ini tidak lain adalah untuk memberikan sesuatu nilai yang lebih kepada pembeli (buyer) sehinga mereka akan menjadi pembeli yang loyal ataupun menjadi pembeli potensial (value customer). Bahkan menurut penelitian Bill Fromm dan len Schlesinger (Menjadi juara sejati dalam bisnis: 1977) ada pelaku bisnis yang menyatakan “ pembeli pertama itu adalah pelanggan”.
Berbagai macam teori dikembangkan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan mulai design product sampai end user sehingga dikenalah istilah ”marketing mix, customer service exellence, service after sales, customer relationship management, sampai servant management” .
Pengertian pelanggan secara sempit adalah semua orang atau organisasi yang melakukan pembelian produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Termasuk dalam pengertian ini pembeli riil (yang benar-benar sudah membeli) atau pembeli potensial (target market, pembeli pertama dan pembeli yang baru mengadakan penjajakan).
Pengertian pelanggan dalam arti luas adalah semua pihak yang mempunyai hubungan / kepentingan dengan perusahaan (stake holders) seperti ; Supplier , Distributor/penyalur, pemilik perusahaan, kreditor/investor, karyawan organik/non organik, pembeli produk & jasa.
sekian dan terima kasih.
Dalam menganalisis peluang pasar, pemasar perlu melalukan analisis perilaku konsumen untuk mengidentifikasi perilaku beli konsumen dan proses pembeliannya beserta faktor-faktor yang menurut saya, mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Analisis perilaku konsumen ditujukan untuk mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang, jasa dan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku beli konsumen.
BalasHapusDalam menganalisis peluang pasar, pemasar perlu melalukan analisis perilaku konsumen untuk mengidentifikasi perilaku beli konsumen dan proses pembeliannya beserta faktor-faktor yang menurut saya, mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Analisis perilaku konsumen ditujukan untuk mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi dalam memilih, membeli, menggunakan barang, jasa dan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku beli konsumen.
BalasHapusthnx
menurut saya variabel kualitas yang mempengaruhi kepuasan pembeli organisasi pada pasar organisasi adalah kinerja pasar organisasi tersebut. karena apabila kinerja yang diberikan kepada konsumen organisasai itu sesuai terhadap keinginan tentu dapat memeberikan kepuasan yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk yang telah dibuat.
BalasHapushal ini tentu saja tidak terlepas dari bagaimana pasar organisasi itu memahami kepribadian konsumen mereka, mencari tau apa dan bagaimana jenis pelayanan dan hasil dari produk yang mereka inginkan..
mohon maaf apabila ada kekeliruan.thnks
RIKA FIRLY ANGGITA
BalasHapus2007110085
Menurut saya:
pangsa pasar dunia saat ini dapat di bilang moody, tergantung dari pada style dan apa yang trjadi saat ini. sebgai seorang pemasar sangat penting untuk memahami kebutuhan konsumen saat ini karena konsumen akan mencari sesuatu yang mereka butuhkan.
pemasar jg harus membuat suatu inovasi atau gebrakan untuk mendobrak pangsa pasar, sebagai bentuk timbal balik kepada konsumen.
sebagai contoh adalah kemasan produk, semakin menarik kemasan itu maka semakin banyak pula konsumen yang mencarinya karena saat ini banyak konsumen yang hanya melihat dari kemasannya saja tanpa melihat isi di dalamnya, dengan kata lain isi adalah nomor 2.
pertanyaan...
bagaimana konsumen tertarik dengan ke unikan hotel yg kita punya? sedangkan menarik konsumen sangat lah sulit bagi hotel yang baru di buka....
mohon maaf jika ada kekeliruan dengan pertanyaan dan pendapat saya dan mohon penjelasannya... trimakasih...
menurut saya seblum kita membuat suatu prodak,kita harus melakukan surfai terhadap konsumen,apa yg sat ini sangat d butuhkan.agar ktika kita melakukan pemasaran prodak yang kita punya dapat bermanfat bagi konsumen dan kita dapa untung yg sangan bsar,karna prodak yg kta miliki sangat bermanfat bagi konsumen
BalasHapusrima fauziah 3pac
BalasHapuspada dasarnya semua pasar yang perorang atau organisasi menginginkan swuatu prodak yang ia butuhkan sebagai pemenuh kepuasannya,
dan untuk memenuhui kebutuhan dan produk yang dibutuhkan pasar atau produsen harus meniliti dan mencermati apa dan bagaimana produk tersebut dinginkan oleh konsumen, selain produk yang diinginkan konsumen juga menginginkan bagaimana fasiltias dan service dari penjual sehingga pembeli atau pasar lebih tertarik,
layanan yang membuat pasar lebih tertarik biasanya pasar yang secara langsung menerangkan kelebihan dan kekurangan dari barang tesebut
menurut saya kepuasan pembeli orhanisasi atau pasar kelompok adalah aproaching (menawarkan)negotiet setelah itu konsumen di maintanence dan di entertaining supaya terjadadi repeat business(konsumen atau pembeli ingin kembali membeli produk atau jasa tersebut)
BalasHapusmenurut saya variabel kualitas layanan yg mempengaruhi kepuasan pembeli yaitu
BalasHapus1. Ada ny bukti langsung (tangibles) misal ny fasilitas fisik, perlengkapan dan peralatan, penampilan pegawai, dan sarana komunikasi.
2. Kehandalan (reliability)
yaitu suatu kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera dan memuaskan.
3. Daya tanggap (responsiveness)
Adalah respon atau kesigapan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
4. Jaminan (assurance)
Adalah suatu kemampuan untuk
melaksanakan tugas secara spontan yang dapat menjamin kinerja yang baik
sehingga menambahkan kepercayaan konsumen.
5. Perhatian (emphaty)
sehingga konsumen dpt merasa d'hargai.
PUTRI ULINA
BalasHapus2006110042
menurut saya variabel kualitas layanan terbentuk melalui salah satu contoh,yaitu:
a.Harga
Melihat tanggapan konsumen mengenai variabel harga harga helm merk GV yang ditetapkan dibandingkan dengan harga produk pesaingnya yang sejenis.
1.Perbandingan dengan harga pesaing
Tanggapan konsumen terhadap perbandingan harga helm merk GV dengan helm merk lain yang sejenis seperti Arai, Shoe, Nolan, dan lain-lain. Diukur dalam rupiah.
2.Harga yang ditetapkan
Tanggpan konsumen terhadap harga yang ditetapkan dari produk yang dbeli konsumen. Diukur dalam rupiah.
b.Selera
Gambaran produk helm GV yang diinginkan konsumen dalam memberikan kesenangan dan kepuasan. Indikatornya adalah :
1.Jenis Model
Penilaian konsumen terhadap berbagai tipe pilihan helm merk GV yang ditawarkan oleh produsen.
2.Warna
Penilaian konsumen terhadap ragam pilihan warna yang ada pada helm merk GV.
3.Penampilan Luar (Body)
Penilaian konsumen terhadap penampilan luar helm merk GV dibandingkan dengan produksi pesaingnya.
Ketiga indicator di atas diukur berdasarkan tingkat kesenangan dan kepuasan konsumen.
c. Kualitas (X3)
Melihat tanggapan konsumen mengenai kualitas helm merk GV.
1.Kenyamanan
Penilaian konsumen pada saat menggunakan helm.
2.Daya Tahan
Penilaian konsumen terhadap usia operasional helm merk GV yang diharapkan dalam berbagai kondisi cuaca.
d.Harga Jual Kembali
Mengetahui tanggapan konsumenterhadap harg jual kembali serta kamudahan dalam memasarkan produk yang sudah dipakai.
1.Harga jual kembali
Penilaian konsumen terhadap harga dari helm merk GV. Diukur dalam rupiah.
2.Pemasaran produk purna pakai
Penilaian konsumen terhadap tingkat kemudahan pemasaran dan penerimaan dari konsumen lainnya terhadap jal merk GV purna pakai. Di ukur berdasarkan perlakuan.
e.Prestise
Nilai kebanggaan yang dirasakan seseorang akibat penggunaan suatu produk. Diukur berdasarkan tingkat kesenangan konsumen.
f.Promosi
Suatu bentuk komunikasi pemasaran seperti akivitas untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk konsumennya untuk membeli helm merk GV.
1.Tanggapan konsumen terhadap iklan helm merk GV yang disampaikan oleh pemasar. DApat diukur dri frekuensi, luas jangkauan, serta ukuran.
2.Hadiah
Respon konsumen terhadap sikap simpatik pamasar pada saat membeli helm GV. Diukur berdasarkan tingkat kesenangan konsumen
variabel kualitas pelayanan yang dominan menurut saya adalah kepuasan pelanggan yaitu penilaian bahwa bentuk/ model produk atau jasa itu sendiri dapat memberikan tingkat pemenuhan berkaitan konsumsi yang meyenangkan yang menyangkup kepuasan akan keandalan, kemampuan, daya tangap, jaminan , empati dan bukti fisik.
BalasHapusMenurut saya, kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dengan harapan nya. dan dengan mencari tahu kepuasan pelanggan, juga sangat di pengaruhi oleh tingkat pelayanan. dan agar layanan dapat memuaskan orang atau sekelompok orang yang dilayani, ada empat persyaratan pokok, yaitu :
BalasHapus1. tingkah laku yang sopan.
2. cara menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang yang bersangkutan.
3. waktu penyampain yang tepat, dan
4. keramahtamahan
johan(2006110132)(6PAA)menurut saya kita perlu mengetahui dulu klasifikasi kebutuhan pelanggan sblm kita memproduksi suatu produk.
BalasHapussangat penting mengetahui kebutuhan pelanggan supaya kita dapat mengindentifikasi kebtuhan pasar yang ada.
mksd nya adalah mengindentifikasi perilaku konsumen yang ada..
sehingga kebtuhan pasar tercapai..
menurut saya kualitas utama adalah sebuah kepuasan yang harus di peroleh konsumen danmemenuhi semua kebutuhan yang di inginkan.
BalasHapuskarena kepuasan konumen sangat berpearuh langsungterhadap sebuah kemajuan peruahaan.
DIDIER A.D ( 2006110138 )(6paa)
BalasHapusdalam melakukan pemasaran tersebut perlu untuk sebuah perusahaan menganalisis pangsa pasar sehinga perusahaan tahu tingkat kelayakan bisnis yang akan dilakukan. seperti pada saat ini dimana situasi sekarang kita sudah menjenjang kehidupan serba teknologi yang modern di dalam era globalisasi.suatu perusahaan harus mengambil peluang dari situasi ini seperti memberikan pelayanan internet dimana akan dapat membantu para pebisnis melakukan bisnisnya secara lebih efisien dan efektif. begitu juga dengan yang lainnya yang berhubungan dengan peralatan yang canggih, automatic dan modern
terdapat banyak cara memasarkan produk yang kita jual. tetapi langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian atas keinginan pasar, apa yang menjadi kebutuhan pasar ? hal itulah yang harus di teliti dan di cari oleh perusahaan sebelum mereka memasarkan produk mereka, dengan melakukan hal tsb, maka perusahaan akan mendapatkan kesempatan memenangkan persaingan di pasar sasaran lebih besar dariapda pesaing-pesaingnya.
BalasHapusjika produk yang ingin dikeluarkan adalah produk baru, dan tidak adanya target pasar, maka perusahaan haruslah menciptakan pasar sendiri, setelah pasar tercipta, maka perusahaan akan menjadi leader di pasar tersebut, tentu saja hal ini akan menhasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan, baik dalam segi pendapatan maupun positioning produknya .
endang 3PAC,,,
BalasHapusmenurut saya... kita harus tahu dulu produk apa yang sedang di inginkan oleh pelanggan di pasaran lalu kita juga harus mengutamakan kualitas produk yang baik, agar konsemen tidak kecewa.
dengan begitu perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
tentu saja variable kualitas yang memenuhi persyaratn dan harapan dai customer tersebut. kita harus melihat harapn dan keinginan customer tersebut agar produk yang mereka harapkan sesuai dengan keingina mereka
BalasHapusmenrut saya kwulitas produk sangat menentukan kwlitas dari perusahaan tersebut sengga konsumen akan dengan sendirinya tahu man produk yang mempunyai kwlitas yang terbaik
BalasHapus