Kamis, 15 Oktober 2009

Lingkungan Pemasaran

Pertemuan ke-3


Lingkungan Pemasaran

Didalam bisnis marketing yang terjadi adalah bagaimana anda mengerti bawahan anda dan yang akan dibahas disini adalah mengapa lingkungan harus dipelajari? Lingkungan adalah hal yang biasa dalam kehidupan kita dan dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Cara bicara adalah contoh yang dinilai secara tidak langsung (makro), bahasa pun yang merupakan bahasa asal daerah kita akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap seseorang yang dilahirkan / lahir didaerah tersebut. Dan juga kerisis ekonomi merupakan dampak yang dirasakan secara tidak langsung.

Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.

Keberhasilan strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan tergantung pada analisa dan pengamatan yang cermat oleh perusahaan terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan.

Sekarang kita akan membahas lingkungan pemasaran : lingkungan mikro dan makro.

1. Lingkungan mikro perusahaan

Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, yaitu :

a. Perusahaan

Yaitu struktur organisasi perusahaan itu sendiri. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh bagian manajemen pemasaran harus memperhitungkan kelompok lain di perusahaan dalam merumuskan rencana pemasarannya, seperti manajemen puncak, keuangan perusahaan, penelitian dan pengembangan, pembelian, produksi, dan akuntansi serta sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, karena manajer pemasaran juga harus bekerja sama dengan para taff di bidang

lainnya.

b. Pemasok (Supplier)

Para pemasok adalah perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Kadang kala perusahaan juga harus memperoleh tenaga kerja, peralatan, bahan bakar, listrik dan faktor-faktor lain dari pemasok. Perkembangan dalam lingkungan pemasok dapat memberi pengaruh yang arnat berarti terhadap pelaksanaan pemasaran suatu perusahaan. Manajer pemasaran perlu mengamati kecenderungan harga dari masukan-masukan terpenting bagi kegiatan produksi perusahaan mereka. Kekurangan sumber-sumber bahan mentah, pemogokan tenaga kerja, dan berbagai kcjadian lainnya yang berhubungan dengan pemasok dapat mengganggu strategi pemasaran yang dilakukan dan dijalankan perusahaan.

c. Para Perantara Pemasaran

Para perantara pemasaran adalah perusahaanperusahaan yang membantu perusahaan dalam promosi, penjualan dan distribusi barang/jasa kepada para konsumen akhir. Para perantara pemasaran ini meliputi :

1. Perantara, adalah perusahaan atau individu yang membantu perusahaan untuk menemukan konsumen. Mereka terbagi dua macam, yaitu agen perantara seperti agen, pialang dan perwakilan produsen yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau mengadakan perjanjian dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki barang atau jasa itu sendiri. 2. Perusahaan Distribusi Fisik, perusahaan seperti ini membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk dari tempat asalnya ketempat-tempat yang dituju.

3. Para Agen Jasa Pemasaran, seperti perusahaan atau lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan perusahaan konsultan pemasaran,kesemuanya membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.

4. Perantara Keuangan, seperti bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dan perusahaan lain yang membantu dalam segi keuangan. d. Para Pelanggan Yaitu pasar sasaran suatu perusahaan yang menjadi konsumen atas barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan apakah individu-individu, Iembaga-lembaga, organisasi-organisasi, dan sebagainya

e. Para Pesaing

Dalam usahanya melayani kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidaklah sendiri. Usaha suatu perusahaan untuk membangun sebuah sistem pemasaran yang efisien guna melayani pasar gelati disaingi oleh perusahaan lain. Sistem pemasaran dan strategi yang diterapkan perusahaan dikelilingi dan dipengaruhi oleh sekelompok pesaing. Para pesaing ini perlu diidentifikasi dan dimonitor segala gerakan dan tindakannya didalam pasar

f. Masyarakat Umum

Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan sejumlah besar lapisan masyarakat yang tentu saja besar atau kecil menaruh perhatian terhadap kegiatan-kegiatan perusahaan, apakah mereka menerima atau menolak metode-metode dari perusahaan dalam menjalankan usahanya, karena kegiatan perusahaan pasti mempengaruhi minat kelompok lain, kelompok-kelompok inilah yang menjadi masyarakai umum. Masyarakat umum dapat memperlancar atau sebaliknya dapat sebagai penghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai sasarannya.

2. Lingkungan Makro

Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro dalam perusahaan, yaitu:

a. Lingkungan Demografis/Kependudukan

Lingkungan demografis/kependudukan menunjukkan keadaan dan permasalahan mengenai penduduk, seperti distribusi penduduk secara geografis, tingkat kepadatannya, kecenderungan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain, distribusi usia, kelahiran, perkawinan, ras, suku bangsa dan struktur keagamaan. Ternyata hal diatas dapat mempengaruhi strategi pemasaran suatu perusahaan dalam memasarkan produknya karena publiklah yang membentuk suatu pasar.

b. Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan inflasi yang berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan sebagainya yang berkenaan dengan perkonomian.

c. Lingkungan Fisik

Lingkungan fisik menunjukkan kelangkaan bahan mentah tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan, peningkatan biaya energi, peningkatan angka pencemaran, dan peningkatan angka campur tangan pemerintah dalam pengelolaan dan penggunaan sumber-sumber daya alam.

d. Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi rnenunjukkan peningkatan kecepatan pertumbuhan teknologi, kesempatan pembaharuan yang tak terbatas, biaya penelitian dan pengembangan, yang tinggi, perhatian yang lebih besar tertuju kepada penyempurnaan bagian kecil produk daripada penemuan yang besar, dan semakin banyaknya peraturan yang berkenaan dengan perubahan teknologi

e. Lingkungan sosial/budaya

Lingkungan ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakat mengenai aturan kehidupan, norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat dan lain sebagainya yang merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat lainnya serta lingkungan sekitarnya.


http://www.hotelmarketing.com/index.php/content/article/hotel_marketing_in_2010_perception_trumps_positioning/

http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=178


Sesi Pembahasan :

1. Contoh kecil dari lingkungan yang berpengaruh secara langsung menurut anda adalah ?

2. apa pengaruh lingkungan internal maupun eksternal seperti pemerintah, pesaing, masyarakat, organisasi, dll ?

diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...

Bahasan selanjutnya » Perilaku Pembeli

24 komentar:

  1. contoh langsung yang dapat kita lihat seperti aturan yang berlaku pada suatu tempat pendidikan yang merupakan dampak lingkunga yang dapat kita rasakan secara langsung.

    pertanyaan :
    1. dalam lingkungan pemasaran dapat kita rasakan secara langsung atau tidak?

    BalasHapus
  2. contoh langsung yang dapat kita lihat seperti aturan yang berlaku pada suatu tempat pendidikan yang merupakan dampak lingkunga yang dapat kita rasakan secara langsung.

    pertanyaan :
    1. dalam lingkungan pemasaran dapat kita rasakan secara langsung atau tidak?

    BalasHapus
  3. 1. contoh lingkungan yang berpengaruh secara langsung adalah menurut saya : Manager dapat mencoba mempengaruhi lingkungan langsung melalui beberapa cara : melakukan lobby, iklan, negosiasi, atau perundingan. Manager juga dapat membentuk aliansi strategis dengan pihak-pihak di lingkungan nya. contoh : merger atau penggabungan usaha.

    BalasHapus
  4. contoh lingkungan pemasaran yang secara langsung adalah seperti perantara pemasaran. disini yang dimaksud dengan perantara pemasaran dimana seorang produsen mencari langsung konsumen untuk melakukan terjadinya transaksi atau perjanjian, yang dimana barang atau jasa yang ditawarkan belum terlihat.

    BalasHapus
  5. mencoba membahas pertanyaan artha.
    menurut saya bisa berdampak langsung, karena dalam lingkungan pemasaran akan mempengaruhi jumlah produksi yang akan di produksi untuk di pasarkan.yaituberkaitan langsung dengan konsumen.

    BalasHapus
  6. contoh lingkungan yang berpengaruh secara langsung menurut saya adalah lingkungan keluarga, jika satu keluarga dalam keseharian bertingkah laku dengan sopan maka setiap anggota yang lain pun akan bersikap baik pula.

    BalasHapus
  7. contoh ecil dari lingkungan yang berpangaruh seara langsung menurut saya adalah suatu peraturan dimana kita berada, atau tempat, atau dalam perusahaan adalah pesaing karena pesaing selalu bergerak makaperusahaan yang kita kelolapun harus tetap mempunyai strategi dan menghadapi pesaing tersebut secara tepat.

    BalasHapus
  8. lingkunganm langsung menurut saya adalah:suatu dampak positif maupun negatif yg langsung terasa ke kita,ketika kita melakukan kegiatan d dalam lingkungan kita sehari-hari

    BalasHapus
  9. Contoh kecil dari lingkungan yang berpengaruh secara langsung menurut saya>>adanya aturan norma2 dan adat istiadat yang diberlakukan di lingkungan masyarakat,dimana setiap orang harus mengikuti aturan tersebut.

    BalasHapus
  10. contoh lansung menurut saya adalah para pemasok yang sangat berperan penting bagi perusahaan atou bagi usaha lainnya yang sangat membutuhkan pemasok apabila pemasok suplier tidak ada maka akan menghambat suatu proses produksi.

    BalasHapus
  11. contoh kecil dari lingkungan yang berpengaruh secara langsung ( dalam hal ini lingkungan pemasaran ) menurut sya adalah pesaing . karena pesaing merupakan perusahaan2 atau kelompok lain yang selain dapat mengancam perusahaan qt tetapi jg dapat memberikan keuntungan . dengan adanya pesaing , perusahaan akan terdorong untuk lebih meningkatkan hasil produksinya dgn menciptakan kreasi2 yg lebih baik agar dapat bertahan dalam pasar .

    BalasHapus
  12. saya akan menanggapi pertanyaan artha:

    menurut saya lingkungan pemasaran itu tidak bisa dirasakan secara langsung, melainkan lingkungan pemasaran dapat kita rasakan secara tidak langsung.
    contohnya seperti memahami karakteristik para konsumen dan memahami karakteristik para pesaing kita.
    memahami karakteristik itu secra tidak langsung perusahaan kita dan lingkungan pemasaran kita ikut berperan.

    BalasHapus
  13. menurut saya lingkungan yang berpengaruh langsung lingkungan pemasaran adalah banyaknya pesaing yang ada didalamnya,karena semakin banyak pesaing semakin cepat kita merespon pemasaran yang terjadi.........thks

    BalasHapus
  14. Redemptus Alfa A M Gale20 Oktober 2009 pukul 02.11

    mnurut saya,lingkungan yg berpengaruh adalah lingkungan dmna tmpat tinggal kita dan lingkungan tempat kerja kita yg dapat di rasakan secara langsung yang berperan atas dilakukan nya pemasaran tersebut..yg dpat memahami berbagai karakteristik konsumen dan mngetahui beberapa taktik para pesaing kita secara tidak langsung.

    BalasHapus
  15. menurut saya bisa berdampak langsung,karena pesaing merupakan perusahaan2 atau kelompok lain yang selain dapat mengancam perusahaan qt tetapi jg dapat memberikan keuntungan.contoh lingkungan yang berpengaruh secara langsung menurut saya adalah lingkungan keluarga, jika satu keluarga dalam keseharian bertingkah laku dengan sopan maka setiap anggota yang lain pun akan bersikap baik pula.

    BalasHapus
  16. 1. perusahn,pemasok,pasarberbagi perantara.pelanggan,pesaingdan masyrakat,serta pemegangsaham minoritas lainnya.
    2. untk menanggapi perubahanpasar, lingkungan internal, dan lingkungan eksternaladlh sma penting, sebgai pemasar,, kita kit menanggapi perubahan" pemerintah,masyarakt, dan organisasi dapatterkontrol

    BalasHapus
  17. 3PAC

    1. contoh kecil dari lingkungan yang berpengaruh secara langsung adalah :

    Pekerja

    Pekerja merupakan sumber daya organisasi. Jika karyawan dan organisasi atau manajer mempunyai tujuan yang sama maka organisasi akan berjalan dengan efektif. Tetapi kondisi tersebut tidak mudah dijelaskan dan dilaksanakan. Akibatnya sering terjadi tarik menarik kekuatan antara keduanya. Contoh: Manajemen tidak membayar upah sesuai upah minimum.

    Beberapa alternatif dikembangkan untuk menyamakan kepentingan karyawan dan manajemen. Salah satu cara adalah ESOP (Employee Stock Ownership Plan), dimana karyawan, baik langsung maupun tidak langsung memiliki saham peusahaan di tempat mereka bekerja.

    BalasHapus
  18. atika rahmanty.
    1.Menurut saya lingkungan masyarakat umum sangat terkait secara langsung terhadap perusahaan. Sebagai contoh, dalam bisnis perhotelan kita harus tau dengan benar kondisi serta apa saja factor – factor yang dapat mendorong kemajuan hotel apabila dibangun pada daerah tersebut. Kita dapat melakukan riset atas kepadatan penduduk daerah tersebut, pendapatan, budaya yang dianut serta tempat – tempat wisata yang merupakan sumber wisatawan. Dengan mengerti seluk beluk lingkungan masyarakat secara benar, maka pihak hotel diharapkan mampu membuat strategi pasar dan menciptakan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat pada daerah tersebut dan mampu menjaga roda bisnis hotel tersebut.
    2.lingkungan internal dan eksternal perusahaan sangat mempengaruhi hidup perusahaan. Apabila perusahaan salah dalam menafsirkan keinginan, kebutuhan, peraturan serta kemampuan lingkunag internal dan eksternal tersebut, maka perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lain.

    BalasHapus
  19. Fatkhiyatul.Mutfah23 Oktober 2009 pukul 08.04

    Fatkhiyatul.Mutfah
    NIM : 2008110104

    Menurut saya, yang berpengaruh secara langsung adalah Pesaing. karena adanya Pesaing Perusahaan dapat terdorong untuk lebih kreatif dalam menghasilkan suatu produk agar dapat bertahan dengan pesain lainnya, dan karektristik konsumen . Tetapi pesaing juga dapat mengancam perusahaan yang kita jalanin.

    BalasHapus
  20. 1. contoh kecil dari lingkungan yang berpengaruh secara langsung menurut saya adalah sistem sosial dalam masyarakat, karena lingkungan membentuk suatu sistem sosial dalam masyarakat itu sendiri sehingga baik buruknya suatu lingkungan tergantung oleh sistem sosial dalam masyarakat itu sendiri.
    2. lingkungan eksternal dan internal yang selalu berpengaruh pada perusahaan itu sendiri, baik dalam menjalankan roda perusahaan itu semdiri ataupun dalam membuat suatu kebijakan-kebijakan dalam perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  21. PUTRI ULINA
    2006110042

    1. salah satu ciri khas agar suatu perusahaan dapat memperoleh keuntungan maka linkungan masyarakat umum harus berperan aktif dalam peningkatan mutu perusahaan.
    di dunia pembangunan perhotelan sangat berperan penting dalam lingkungan sekitar.
    dilakukaknya suatu riset tentang penduduk sekitar, sosial, pendapatan, dll.agar pihak lingkungan sekitar tidak terganggu dengan pembangunan Hotel. dan sebaliknya menguntungkan bagi pihak Hotel
    2. lingkungan eksternal dan internal sangat berperan penting dalam peningkatan kualitas suatu perusahaan

    BalasHapus
  22. johan(2006110132)(6PAA)1.contoh lansung menurut saya adalah lingkungan ekonomi.karena Lingkungan ekonomi menunjukkan sistem ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan inflasi yang berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan sebagainya yang berkenaan dengan perkonomian.
    jadi lingkungan ekonomi itu sangat penting buat sistem pemasaran yang ada.
    2.lingkungan internal dan eksternal sangatlah berpengaruh buat pemasaran,contoh dr lingkungan internal adalah karyawan,karyawan berperan penting dalam sebuah perusahaan unyk memproduksi produk2 yang diinginkan..
    sdngkan lingkungan eksternal contoh nya adlh pemerintah.pemerintah sangt berperan penting dalam sebuah usaha karena sebuah usaha sangat butuh dukungan pemerintah sehingga usaha yang dilakukan dapat dijalankan dengan baik.

    BalasHapus
  23. rollita widawati 200111016913 November 2009 pukul 02.55

    lingkungan pemasaran terdiri dari para pelaku dan kekuatan2 yg diluar kendali berdasarkan mana organisasi merancang strategi pemasaran mereka.Lingkungan pemasaran suatu perusahan terdiri dari para pelaku dan kekuatan2 yg berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yg mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memepertahankan transaksi yg sukses dengan para pelanggan sasarannya.

    BalasHapus
  24. endang 3PAC,,,
    menurut saya... Lingkungan yang sangat berpengaruh secara langsung adalah lingkungan masyarakat dan sistem sosial nya.
    Kemudian lingkungan eksternal dan internal yang selalu berpengaruh pada perusahaan itu sendiri, baik dalam menjalankan perusahaan itu sendiri atau pun dalam membuat suatu kebijakan-kebijakan dalam perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus