Selasa, 03 November 2009

RANCANGAN DAN PENGELOLAAN PRODUK

RANCANGAN DAN PENGELOLAAN PRODUK

pertemuan ke-6


Apa Itu Produk ?

Produk adalah segala sesuatu yang di hasilkan oleh produsen yang dihasilkan melalui berbagai proses produksi dan menghasilkan barang atau jasa dan bisa di tawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian , untuk di gunakan atau di konsumsi yang mungkin akan memuaskan keinginan atau kebutuhan pasar dan mendapatkan keuntungan dari hasil produk yang di pasarkan.

Tingkatan Produk

1. Produk Inti

Produk inti adalah tingkatan yang paling dasar dari produk pasar harus menemukan manfaat utama kepada konsumen dari setiap produk dan menjual manffat tersebut dari pada hanya seedar menjual fiturnya.

2. Produk Fasilitas

Adalah barang atau jasa yang harus ada ketika tamu / konsumen menggunakan produk inti , salah satu aspek yang paling penting adalah dapat di akses oleh pasar . Rancangan produk membutuhkan pengertian dari target pasar dan fasilitas jasa yang mereka butuhkan.

3. Produk Penunjang

Produk inti membutuhkan produk fasilitas tapi tidak membutuhkan produk penunjang, produk penunjang adalah produk ekstra yang di tawarkan untuk menambah nilai dari produk inti dan membantu membedakannya dari competitor yang lain

Klasifikasi Produk

Pemasar biasanya mengklasifikasikan produk berdasarkan macam-macam karakteristik produk yaitu :

1. Daya tahan dan wujud

a. Barang yang terpakai habis : barang yang dipakai satu atau beberapa kali penggunaan (bir, sabun, minuman dsb)

b. Barang tahan lama : barang berwujud yang dipergunakan bisa tahan lama (kulkas, lemari pakaian dsb)

c. Jasa : barang yang sifatnya tak berwujud, tidak dapat dipisahkan dan mudah habis. (potong rambut, reparasi dsb.)

2. Klasifikasi barang konsumsi

a. Convenience good : barang-barang yang biasanya sering dibeli konsumen, segera, dan dengan usaha minimum (sabun mandi, surat kabar dsb).

b. Shopping good barang-barang yang karakteristiknya dibandingkan berdasarkan kesesuaian dan gaya dalam proses pemilihan dan pembelinya. (pakaian, mobil bekas dsb)

c. Specialty good : barang-barang dengan karakteristik unik. (mobil baru, komponen sterio, peralatan foto grafi dsb.)

d. Unsought good : barang-barang yang tidak iketahui konsumen atau diketahui namun secara normal konsumen tidak berfikir untuk membelinya. (asuransi jiwa, tanah kuburan dsb)

3. Klasifikasi Barang Industri

a. Bahan baku dan suku cadang : barang-barang yang sepenuhnya masuk keproduk.

b. Barang modal : barang tahan lama yang memudahkan pengembangan dan pengelolaan produk akhir.

c. Perlengkapan dan jasa bisnis : barang dan jasa tidak than lama yang membantu mengembangkan pengelolaan produk akhir.

1.4 Keputusan Bauran Produk

Bauran produk adalah rangkaian semua produk dan unit produk yang ditawarkan suatu penjual tertentu pada pembeli.

Ada empat dimenasi bauran produk untuk mendifinisikan strategi produk perusahaan :

1. Lebar : sampai dimana lini produk utamanya. Dalam hal ini produk perawatan rambut, perawatan kesehatan, minuman ringan dsb.

2. Panjang : sampai dimana kita dapat menghitung panjang rata-rata suatu lini.

3. Kedalaman : berapa banyak varian yang ditawarkan tiap produk dalam lini tersebut.

4. Konsistensi : seberapa erat hubungan berbagai lini produk dalam penggunaan akhir.


sesi pembahasan :

1. Langkah seperti apa yang digunakan untuk memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya yang ada secara tepat untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dari kegiatan produksi yang dilakukan di Hotel ?

19 komentar:

  1. putri ulina
    2006110042


    produk merupakan salah satu barang yang unggul yang ada di dalam perusahaan. dimana produk tersebut dapat menghasilkan keuntungan dan bahkan kerugian.

    BalasHapus
  2. rollita widawati (2001110169)13 November 2009 pukul 02.07

    Dalam bisnis, produk adalah brng atau jasa yg dpt di perjual belikan. Dalam marketing produk adalah apapun yg bisa di tawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan dan kebutuhan. Dalam tingkat pengecer produk sering di sebut sbg merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan di jual sebagai barang jadi. produk yg berupa bhn mentah seperti hasil pertanian sering pula di sebut sebagai komoditas.

    BalasHapus
  3. Chandrata ( 2007110005 )13 November 2009 pukul 19.26

    produk merupakan senjata utama perusahaan untuk mendapatkan profit. Dengan mengkemas produk kita baik dari segi desain dan kualitas produk kita, maka produk yang dikeluarkan oleh perusahaan kita akan menarik minatan di hati pembeli dan mereka akan terus membeli produk kita jika produk kita memberikan kepuasan bagi mereka.

    BalasHapus
  4. ratih andari (2003310004)14 November 2009 pukul 09.11

    produk
    adalah sesuatu barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan
    untuk diperjual belikan dengan tujuan untuk mendapatkan profit atau
    keuntungan.Suatu produk dapat dikatakan unggul jika memiliki kelebihan
    ataupun keunikan yang berbeda dari produk yang sejenis diperusahaan lain,
    sehingga produk yang dihasilkan dari perusahaan tersebut dapat dengan
    cepat menarik minat para pembeli untuk memiliki atau mencobanya dan tentunya produk yang baik atau
    unggul itu harus memiliki nilai lebih baik dari segi kualitas dan
    kuantitasnya, dari produk-produk yang sejenis yang dimiliki perusahaan lain.

    BalasHapus
  5. johan(6PAA)(2006110132)produk merupakan unsur yang sangat penting dlam kegiatan penjualan...
    produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan pasar yang di ada...
    sehingga produl yang di tawarkan dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk itu.
    perusahaan harus terus menerus peka dengan keebutuhan konsumen sehinggga produk yang dihasilkan selalu menarik konsumen unruk membeli nya.

    BalasHapus
  6. cara memanfaatkan secara optimal mungkin tenaga yang ada untuk keuntungan yang optimal dari kegiatan hotel dengan cara meninjau dan menetapkan para pegawai pada tempat atau pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya sehingga produksi dapat berjalan dengan cepat dan tidak perlu memakan banyak waktu.
    dan menggunakan alat-alat yang otomatis untuk mengurangi pehawai sehingga keuntuungan yang di dapat hotel lebih besar,dan biaya tersebut dapat dialihkan untuk keperluan lain.

    BalasHapus
  7. Maria Mahdalena 3PAC25 November 2009 pukul 21.19

    Maria Mahdalena 3PAC

    Produk sangat penting bagi penjualan , tetapi kita sebagai penjual juga harus tahu apa produk yang kita jual.

    Sumber daya bisa berupa barang modal ( produk ), jasa , manusia itu sendiri . Kita harus mengetahui target pasar kita , baru bisa medapatkan keuntungan hotel .
    Kegiatan produksi hotel harus meningkat dan bervariasi setiap saat untuk menarik tamu.
    Tamu harus berasa diperhatikan , dihargai ,dan dipelihara supaya terjadi reppeat bisnis dalam kegiatan di hotel tersebut.

    BalasHapus
  8. produk yang ditawarkan oleh hotel harus mempunyai suatu kelebihan dan perbedaan dari para pesaingnya yaitu peningkatan dari segi kualitas pelayanan,teknologi serta nyaman dan aman.

    dan kaitanya dengan pemanfaatan sumber daya secara maximal demi maraup keuntungan adalah, berikut beberapa contoh pendapat saya :

    1.tim yang bekerja harus sesuai dan capable dengan tugas yang diembannya serta mempunyai loyalitas yang tinggi pada pekerjaannya.

    2.fasilitas yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada costumer juga penting dan harus ditingkatkan mulai dari kecepatan pelayanan,kebersihan,kenyamanan serta privasi costumer yang terjamin.

    3.serta perawatan infrastruktur hotel yang terschedule dengan baik.

    point2 sederhana ini akan mampu membuat costumer tertarik dan mengadopsi produk hotel namun dengan catatan performa kualitas hotel dari variabel2 tadi harus makin meningkat dan konsistensi staff pada pekerjaannya juga terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  9. NB:jika berkaitan dengan produksi tentu saja pemanfaatan SDM,biaya,serta waktu harus sesuai dan teroganisir dengan baik intinya antara lain komunikasi antar departemen yang baik serta jajarannya mulai dari atasan hingga bawahan dan well training untuk menentukan the right people in the right place

    BalasHapus
  10. cara memanfaatkan secara optimal mungkin tenaga yang ada untuk keuntungan yang optimal dari kegiatan hotel dengan cara meninjau dan menetapkan para pegawai pada tempat atau pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya sehingga produksi dapat berjalan dengan cepat dan tidak perlu memakan banyak waktu.
    dan menggunakan alat-alat yang otomatis untuk mengurangi pehawai sehingga keuntuungan yang di dapat hotel lebih besar,dan biaya tersebut dapat dialihkan untuk keperluan lain.

    BalasHapus
  11. Di dalam dunia bisnis, produk dapat di definisikan sebagai segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasaan konsumen tidak mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasaan yang didapat dari pembelian produk. Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.

    BalasHapus
  12. menurut saya langkah yang dapat dilakukan untuk smemaksimalkan sumber daya hotel adalah produk jasa hotel itu sendiri seperti pelayanannya harus sesuai dengan sop yang ada,sehingga tamu merasa puas. produk fisik hotel seperti fasilitasnya karena fasilitas merupakan suatu wujud keinginan agar kepuasan tamu tercapai.

    BalasHapus
  13. produk adalah segala sesuatu yang bisa di tawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk,melainkan satu paket kepuasan yang di dapat dari pembelian produk kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik,psikis,simbolis dan pelayanan yang di berikan oleh produsen...

    begitu juga di hotel..hotel harus memberikan pelayan yang maksimal kepada para tamunya..
    sehingga mereka puas akan pelayanan sesuai dgn harga yang mereka byar..sehingga dapat menguntungkan pihak hotel..

    BalasHapus
  14. langkah yg dilakukan untuk memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya yang ada yaitu mengutamakan kualitas para pegawai/pekerja di hotel tersebut ..
    contoh ,walaupun hanya hotel *** tapi kualitas para pegawai ***** ,dan tata kesopanan nya di utamakan ,itu pun merupakan faktor pendukung terbesar dalam bisnis di hotel ....

    BalasHapus
  15. 3PAC,,,
    menurut saya...Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.

    BalasHapus
  16. Langkah yang dapat kita ambil dalm memanfaatkan sumber daya seperti memperlakukan karyawan dengan baik, membuat produk yang mengunakan bahan yang terbuat dari bahan daur ulang namun memiliki kualiatas yang baik sehingga sumber daya yang ada pun tidak terlalu banyak diguanakan dan dapat memberikan keuntungan yang optimal terhadap perusahhan.

    BalasHapus
  17. menurut saya langkah yang dapat di ambil untuk mendaptkan keuntungan yaitu memenfaatkan sumber daya manusia dengan baik (karyawan) karena dalam dunia hotel karyawanlah yang terpenting untuk meraih keuntungan bagi nhotel selain fasilitas yang bagus dan modrn... kita haus bisa menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuannya.. sehingga karyawan yang sudah ahli dalam pekerjaannya akan bekerja lebih cepat, selaintu di tunjang dengan fasilitas2 yang sudah modrn

    BalasHapus
  18. langkah yg harus dilakukan yaitu memanfatkan SDM semaksimal mungkin serta mengatur jumlah karyawan sesuai dengan apa yang diperluan ole hotel.

    BalasHapus
  19. riky sukardi 200811010528 Januari 2010 pukul 03.22

    langkah yang dilakukan hotel untuk memanfaatkan sdm semaksimal mungkin adalah dengan cara:

    - mempekerjakan staf dan karyawan yang memiliki skill yang pas untuk posisi tertentu.,
    - mempekerjakan karyawan lebih sedikit di waktu malam hari.,
    - mempekerjakan karyawan trainne pada saat occupancy hotel meningkat.,
    - dll

    BalasHapus