Selasa, 29 Desember 2009

SALURAN DISTRIBUSI

SALURAN DISTRIBUSI
pertemuan ke-11

A. PENTINGNYA SISTEM DISTRIBUSI

Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan terlepas dari masalah penyaluran barang yang dihasilkan atau barang yang akan di jual ke masyarakat. Para produsen berhak menentukan kebijaksanaan distribusi yang akan dipilih dan di sesuaikan dengan jenis barang serta luasnya armada penjualan yang akan digunakan.
Jika perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus segera mengadakan penelitian terhadap pasarnya. Penelitian pasar tersebut bertujuan untuk mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin menstimulir permintaan serta menciptakan langganan.
Suatu perusahaan dikatakan berhasil di dalam marketing apabila perusahaan tersebut dapat memasarkan barang-barangnya secara luas dan merata dengan mendapatkan kuntungan yang maksimal.
Pada umumnya, kemacetan dalam mendistribusikan barang-barang dan jasa-jasa akan banyak menimbulkan kesulitaan baik dipihak konsumen maupun produsen. Kesulitan yang akan terjadi di pihak produsen meliputi terganggunya penerimaan penjualan sehingga target penjualan yang telah di tentukan tidak dapat terpenuhi. Hal ini akan menyebabkan arus pendapatan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melangsungkan kontinuitasnya tidak dapat diharapkan. Sedangkan kesulitan yang akan timbul di pihak konsumen akan menyebabkan tendensi harga yang meningkat. Tendensi harga yang meningkat terjadi akibat berkurangnya barang yang ditawarkan di pasar.
Oleh karena itu sangatlah tepat apabila perusahaan memahami kebijaksanaan distribusi terutama yang menyangkut pemilihan saluran distribusi dan penentuan distribusi fisik.
Pemilihan dan penentuan saluran distribusi bukan suatu hal yang mudah karena kesalahan dalam memilih saluran distribusi akan dapat menggagalkan tujuan perusahaan yang telah di tentukan. Pemilihan saluran distribusi yang salah dapat menimbulkan penghamburan biaya atau pemborosan. Oleh sebab itu masalah pemilihan saluran distribusi akan sangat penting artinya bagi perusahaan yang menginginkan perkembangan kegiatannya.
Distribusi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Dengan adanya saluran distribusi yang baik dapat menjamin ketersediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tanpa ada distribusi produsen akan kesulitan untuk memasarkan produknya dan konsumen pun harus bersusah payah mengejar produsen untuk dapat menikmati produknya
Didalam menyalurkan barang-barang kepadaa konsumen, produsen memilih beberapa alternatif yang terjadi, misalnya menyalurkan langsung kepada konsumen atau melalui lembaga niaga perantara. Sistem distribusi langsung dari produsen ke konsumen memungkinkan perusahaan untuk dapat menguasai distribusi barang-barang sepenuhnya.
Namun konsekwensinya, biaya sistem ini adalah lebih besar jika dibandingkan dengan
sistem distribusi yang tidak langsung.

Untuk dapat memperkecil kesalahan-kesalahan penggunaaan sistem distribusi yang dipilih, maka sebelum pemasaran di kembangkan terlebih dahulu masalah-masalah yang berkenaan dengan saluran distribusi diinventarisasi. Faktor-faktor utama yang perlu mendapat perhatian dalam hal ini antara lain: beban biaya dari berbagai jenis saluran, distribusi, jarak antara perusahaan dengan para pemakai, luas pasar yaang ingin dilayani oleh perusahaan, type dan jumlah outlet yang hendak dipakai serta sejauh mana perusahaan ingin menguasai distribusi fisik barang tersebut.
Hal yang tidak kalah penting bagi produsen adalah masalah perkembangan atau trend dari jumlah pedagang eceran (retailer) dan pedagang besar (wholesaler), karena hal ini memegang peranan dalam penentuan strategi pemasaran. Untuk lebih jelasnya akan dibahas beberapa pengertian distribusi.
" Saluran merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai ke pemakai ".
Defenisi tersebut masih bersifat sempit. Istilah barang sering diartikan dalam bentuk fisik. Akibatnya defenisi ini cendrung menggambarkan pemindahan jasa-jasa atau kombinasi antara barang dan jasa. Selain membatasi barang yang disalurkan, defenisi ini juga membatasi lembaga-lembaga yang tersedia. Defenisi ini juga tidak menerangkan melalui siapa barang dan jasa itu di salurkan.
“Saluran merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui mana sebuah komoditi, produk dan jasa dipasaran”.
Defenisi ini lebih luas, dimana dikatakan bahwa lembaga-lembaga yang dalam
aliran arus barang relatif banyak. Dengan masuknya istilah struktur, defenisi ini menjadi bersifat statis pada saluran dan tidak dapat membantu untuk mengetahui hubungan- hubungan yang terjadi antara masing-masing lembaga.
“Saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar terlentu”.
Dari pernyataan tersebut dapat lebih luas lagi di defenisikan dengan berbagai bagian dan tujuan :
1. Saluran adalah sekelompok lembaga yang terjadi diantara berbagai lembaga yang mengadakan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
2. Oleh karena anggota-anggota kelompok terdiri dari beberapa pedagang dan beberapa agen, maka sebahagian yang ikut dan sebahagian lagi tidak ikut. Tidak pertu dari tiap bagian untuk menggunakan agen. Akan tetapi pada prinsipnya setiap saluran harus memiliki seorang pedagang. Alasannya, hanya pedagang saja yang dianggap sebagai pemilik untuk memindahkan barang.
3. Tujuan saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran distribusi.
4. Saluran melaksanakan dua kegiatan penting untuk mencapai tujuan, yaitu mengadakan penggolongan produk dan mendistribusikannya. Penggolongan produk menunjukkan jumlah dari berbagai keperluan produk yang dapat memberikan kepuasan pada pasar. Jadi barang atau jasa merupakan sebagian dari penggolongan produk yang menunjukkan jumlah dari berbagai keperluan produk yang dapat memberikan kepuasan kepada pasar dan mempunyai tingkat harga tentu.

Dari keempat defenisi tersebut di atas dapat dikemukakan bahwa mereka menekankan adanya saluran niaga atau lorong yang harus dilalui sebelum barang-barang sampai ketangan konsumen dan juga untuk menghilangkan jurang pemisah yang terdapat diantara produsen ke konsumen akhir.
Jadi yang dimaksud saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau menyalurkan atau menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Distributor atau penyalur ini bekerja secara aktif untuk mengusahakan perpindahan, bukan hanya secara fisik, tetapi dalam arti agar barang-barang tersebut dapat di beli oleh konsumen, dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan atas penyaluran tersebut, seperti:
1. Letak geografis konsumen yang sangat besar.
2. Waktu produk tersebut diproduksi tidak selalu bersamaan dengan waktu produk tersebut di konsumsi.
3. Sifat produk sangat khusus sedangkan variasi keinginan konsumen sangat banyak.
4. Produsen dan konsumen sukar untuk saling mengetahui dan berkomunikasi.
5. Produksi dilaksanakan secara massal, sedangkan konsumsi dalam volume yang kecil.



B. PERANTARA – PERANTARA PEMASARAN

Setelah mengetahui pengertian saluran distribusi, terlihat dengan jelas bahwa proses penyampaian barang dari produsen ke konsumen terdapat lembaga perantara yang ikut terlibat dalam proses tersebut. Lembaga perantara atau badan perantara yang merupakan penghubung antara produsen dan konsumennya dalam proses pertukaran sering disebut dengan "Middleman" atau " Intermediary".
"A middleman is an individual or a bussines concern operating between the producer and ultimate consumer or industrial. He specializes in buying and or selling, but he also performs other marketing function".
Jadi middleman atau lembaga perantara mengkhususkan diri dalam perundingan jual beli antara produsen dan konsumen. Selain itu lembaga perantara juga melaksanakan
beberapa fungsi marketing.
"Channel of Ditribution" yang dipilih oleh salah satu perusahaan haruslah mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang menguntungkan perusahaan".5

Banyak saluran yang memiliki spesialisasi dibidang tertentu tersedia terhadap organisasi keramah tamahan dan pariwisata, diantaranya adalah :
1. Travel agent
2. Tour whole sales
3. Spesialis
4. Hotel representatives
5. National, state, and local tourism agencies
6. Consorting and concierges

C. FUNGSI SALURAN DISTRIBUSI

Dari pengertian tersebut diatas dapat diambil kesimpulan, perlunya memahami fungsi-fungsi saluran distribusi sebelum diadakannya pemilihan saluran distribusi. Terdapat tiga fungsi saluran distribusi sebagai berikut.
1. Fungsi pertukaran
2. Fungsi Penyediaan Fisik
3. Fungsi Penunjang

Dalam masing-masing fungsi saluran distribusi diatas diperlukan adanya transaksi antara dua pihak atau lebih, menyangkut pemindahan barang-barang secara fisik dari produsen sampai kepada konsumen, serta bersifat membantu untuk pelaksanaan fungsi- fungsi lainnya. Ketiga fungsi saluran tersebut harus saling mendukung demi kelancaran proses saluran pendistribusian barang dalam perusahaan.
Fungsi saluran distribusi juga dibagi atas dua bagian besar yaitu :
1. Fungsi pelaksanaan atau perwujudan transaksi
2. Fungsi jasa-jasa
Kedua fungsi tersebut diatas terdiri dari beberapa fungsi lainnya. yaitu :
1. Fungsi Pelaksanaan, meliputi.
a. Riset, yaitu pengumpulan informasi yang ditujukan untuk merencanakan dan melancarkan pertukaran.
b. Promosi, yaitu pembinaan dan penyebaran informasi yang bersifat membujuk berkenaan dengan penawaran barangnya.
c. Kontak, yaitu mencari dan menghubungi calong pembeli.
d. Penyesuaian, yaitu menyesuaikan bentuk dan sifat barang yang ditawarkan dengan kebutuhan pembeli. Termasuk aneka kegiatan, seperti produksi, penyesuaaian mutu, perakitan dan pengemasaan.
e. Perundingan (tawar menawar), yaitu upaya untuk mecapai kesepakatan mengenai harga dan syarat-syarat jual beli lainnya, dengan tujuan melaksanakan pengalihan hak milik atas sesuatu barang.

2. Fungsi - Fungsi Jasa, meliputi :
a. Penyaluran fisik, yaitu berupa pengangkutan dan penyimpanan barang dagangan.
b. Pembiayaan, merupakan usaha untuk memperoleh dan menyediakan dana untuk pembiayaan kegitan penyaluran.
c. Pengambilan resiko, menerima resiko berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan penyaluran.
Keseluruhan fungsi-fungsi tersebut mempunyai tiga segi khas yang sama : yaitu semua menghabiskan sumber daya yang langka, sering kali lebih sempurna jika dilaksanakan dengan keahlian khusus (spesialisasi) dan fungsi-fungsi tersebut dapat di pindah-pindah.

D. PERILAKU SALURAN
Saluran distribusi terdiri dari perusahaan yang berbeda, yang bekerjasama untuk kepentingan bersama. Setiap anggota saluran tergantung 1 sama lainnya. Secara ideal, karena kesuksesan dari anggota saluran (individu) sangat bergantung kepada kesuksesan saluran umum, semua saluran perusahaan harus saling bekerja sama.

sesi pembahasan :

1. bagaimana Anda berpikir teknologi akan mengubah saluran distribusi di industri perhotelan dan perjalanan selama lima tahun kedepan...?

2. apa perbedaan utama antara saluran distribusi untuk membuat usaha produk nyata dan perusahaan yang memproduksi produk perhotelan dan perjalanan...?

Diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...

Bahasan selanjutnya » Promosi Produk : kebijakan promosi dan komunikasi, periklanan, pemasaran langsung, dan promosi penjualan.

16 komentar:

  1. 1.saluran disrtibusi juga merupakan faktor yang sangat penting.
    di dalam saluran disrtibusi,kita bisa menentukan pengalokasian produk yang uda kita produksi.
    teknologi memberikan pengaruh yang luar biasa buat berjaln nya saluran distribusi di dalam hotel sales and marketing...
    2.Perbedaan nya adlh di dalam hotel,yang di tawarkan adlh jasa yang tidak nyata tapi dapat dirasakan..
    hotel berfokus pada pelayanan yang di berikan adalah baik dan luar biasa.

    BalasHapus
  2. ahmad hamdy ashary13 Januari 2010 07.27

    1.ya karna teknologi bisa mengubah segala hal yang mungkin bisa memajukan saluran distribusi di industri perhotelan,contohnya sinar X untuk mengecek barang bawaan tamu untuk menjaga keamanan.
    2.jadi perbedaannya kalo untuk saluran distribusi dalam membuat usaha prodak yang di tekankan adalah barang sedangkan hotel itu yang di tekankan jasa atau pelayanan.

    BalasHapus
  3. 1. tentu saja teknologi dapat membuat distribusi lebih mudah dan juga mempermudah dalam hal promosi sehingga banyak membantu perkembangan hotel
    2. perbedaannya adalah produik hotel yang di tawarkan tidak nyata tetapi dapat dirasakan dan produk nyata terbukti ada barangnya dan dapat dimiliki

    BalasHapus
  4. menurut pendapat saya teknologi akan berperan secara besar2an dalam distribusi karna akan mempermudah dan mempercepat pendistribusian

    BalasHapus
  5. teknologi distribusi dapat mengembangkan distribusi secara lebih efektif

    BalasHapus
  6. teknologi akan akan sangat membantu dalam saluran distribusi bagi perhotelan karena lewat teknologi hotel bisa melakukan efisensi biaya yang besar mengingat dewasa ini teknologi bisa sangat maju.
    misal hotel bisa menawarkan produk hotel langsung kepada konsumen lewat internet (online booking) atau lewat SMS.
    sehingga hotel akan lebih dekat kepada konsumen dalam memasarkan produknya.
    Levy RM kussoy 3PAD 2008110090

    BalasHapus
  7. 1. menurut saya penggunaan teknologi yg memadai akan memegang peranan penting bagi kelangsungan industri hotel . karena dengan ada ny teknologi kemudahan akses akan lebih mudah diperoleh bagi konsumen yg menyebar

    BalasHapus
  8. karena ,masyarakat dapat mengetahui ,mengenal ,memesan kamar ,dll terhadap hotel menjadi lebih mudah bila menggunakan akses teknologi .
    jadi hotel pun melakukan promosi pun menjadi lebih mudah .

    BalasHapus
  9. Linda 2008110010 (3 PAC)20 Januari 2010 04.48

    Menurut saya teknologi merupakan faktor yang paling penting di dunia. Dan sangat membantu sekali di dalam saluran distribusi perhotelan dan pariwisata. karna dengan adanya teknologi yang modern maka kita dengan cepat dapat mengakses melalui internet.

    BalasHapus
  10. Ratih Andari (2003310004)20 Januari 2010 23.04

    Kemajuan teknologi merupakan menjadi penunjang yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan baik itu perusahaan industri ataupun perusaahaan produk ataupun jasa manapanapun. Kemajuan teknologi dapat memudahkan baik para pelanggan ataupun calon pelanggan dan perusahaan itu sendiri dapat mengakses dengan cepat dan tepat apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya sehingga mendapatkan feedback yang cepat pula dari perusahaan itu sendiri seperti contonya dengan menggunakan fasilitas internet yaitu dalam hal:
    a. dalam hal pemesanan tiket
    b. dalam hal pemesanan kamar hotel sesuai dengan fasilitas-fasilitasnya
    c. pembelian suatu produk-produk barang dan kemudian barang tersebut dapat diantar langsung ke pelanggannya
    d. dalam hal pemberian informasi tertentu bagi khalayak mengenai perusahaan tersebut atau melakukan publisitas kepada mereka.
    Tentunya untuk pemesanan tiket, barang taupun kamar hotel pembayarannya melalui akses internet banking pula. semuanya dilakukan dengan kecanggihan teknoligi.
    2. Perbedaannya terletak pada produknya. produk nyata memasarkan produk yang memang nyata (terlihat bentuknya) seperti sabun, pastagigi, rokok dsb. Namun pada produk perhotelan yang bergerak dibidang produk jasa (pelayanan) yang tidak terlihat namun hasil dari produk jasa tersebut dapat kita rasakan manfaatnya setelah kita menerima pelayaanan jasa tersebut dalam hal ini setelah kita menginap di hotel tersebut.

    BalasHapus
  11. 2. perbedaan utama antara saluran distribusi untuk membuat usaha produk nyata dan perusahaan yang memproduksi produk perhotelan dan perjalanan adalah Perusahaan menambah produk pada segmen bawah untuk menutup peluangan yang ada setiap mata produk memiliki perbedaan yang dapat dilihat dengan jelas merubah citra perusahaan yang memproduksi produk baru yang lebih mahal, Pada hakekatnya industri perhotelan berkisar pada usaha untuk memajukan dalam pendistribusan.

    BalasHapus
  12. 3PAC,,,
    teknologi merupakan faktor yang paling penting di dunia saat ini dan di masa akan datang, karna tanpa adanya teknologi manusia tidak dapat beraktivitas dengan baik dan sangat membantu sekali di dalam saluran distribusi di dalam dunia perhotelan dan pariwisata. karna dengan adanya teknologi yang lebih modern negara akan lebih maju dan mudah untuk melakukan segala aktivitas.

    BalasHapus
  13. karena teknologi yang semakin berkembang belakangna ini sehingga sangat berpengaruh terhadap saluran distribusi. ini berpengaruh sangat baik dalm dunia perhotelan maupun pariwisata karena dapat melakukan promosi dengan jangkauan yang lebih luas.

    BalasHapus
  14. menurut saya dengan adanya tekhnologi yang lebih maju maka akan mempermudah bagi produsen yang akan memilih saluran distribusi dengan begitu akan mempercepat pemasaran yang terjadi sehingga dalam 5 th ke depan dengan adanya tehknologi akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan...

    BalasHapus
  15. karena teknologi saat ini sangat canggih dan pastinya sangat berpengaruh besar pada saluran distribusi dalam dunia hotel, pariwisata maupun industri lainnya.

    BalasHapus
  16. saya mau tanya...
    jelaskan bagaimana perbedaan saluran distribusi untuk produk dengan jasa??
    makasih ya

    BalasHapus