Minggu, 10 Januari 2010

PROMOSI PRODUK

PROMOSI PRODUK
KEBIJAKAN PROMOSI DAN KOMUNIKASI, PERIKLANAN, PEMASARAN LANGSUNG, PROMOSI PENJUALAN, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Pertemuan ke-12

Pemasaran modern lebih dari mengembangkan produk yang baik, harga yang menarik, dan membuatnya tersedia untuk menargetkan pelanggan. perusahaan harus juga berkomunikasi terus-menerus dengan pelanggan aktif dan pelanggan potensial. setiap perusahaan adalah kasus tak terelakkan ke peran komunikator dan promotor.

1. Tahap-tahap dalam pengembangan komunikasi yang efektif
a. Mengidentifikasi sasaran
b. Menentukan tujuan komunikasi
  • Awareness
  • Knowledge
  • Liking
  • Preference
  • Conviction
  • Purchase

c. Merancang pesan
  • Message Content
  1. Rational Appeals
  2. Emotional Appeals
  3. Moral Appeals
  • Message Structure
  1. Draw Conclusions
  2. Argument Type
  3. Argument Order
  • Message Format
  1. Headline,
  2. Illustration,
  3. Copy, &
  4. Color Body Language

d. Memilih saluran komunikasi
  • Saluran Komunikasi Personal
  1. Face to Face,
  2. Telepon,
  3. Presentasi
  • Saluran Komunikasi Non Personal
  1. Print,
  2. Broadcast dan
  3. Display Media

e. Memilih sumber pesan
f. Mengukur hasil komunikasi

2. Metode Promosi
a. Personal selling
  • Presentasi langsung dari sebuah produk kepada calon pelanggan oleh wakil dari organisasi menjualnya.
  • terjadi tatap muka atau melalui telepon.
  • mungkin akan diarahkan ke orang bisnis atau pelanggan akhir.
  • Seluruh organisasi, lebih banyak uang yang dikeluarkan untuk menjual pribadi daripada bentuk promosi yang lain.

b. Direct Marketing
  • Komunikasi langsung selain penjualan kontak pribadi antara pembeli dan penjual, yang dirancang untuk menghasilkan penjualan, informasi permintaan, atau kunjungan ke toko yang menimbulkan pembelian barang secara langsung dan pada saat itu juga setelah melihat produk.

c. Advertising
  • komunikasi melalui berbagai media oleh suatu perusahaan bisnis, bukan-organisasi nirlaba, atau individu yang diidentifikasi dalam pesan dengan harapan menginformasikan atau membujuk anggota audiens tertentu.
  • Iklan biasanya disiarkan (TV, radio) dan dengan media cetak (surat kabar, majalah).
  • Namun, ada banyak cara periklanan lain, dari papan reklame ke T-Shirts dan, baru-baru ini, Internet.

d. Sales promotion
  • Sering terdiri dari pendukung sementara untuk mendorong penjualan atau pembelian
  • Aktivitas pemasaran yang merangsang daya beli konsumen (termasuk: menampilkan, pameran dagang, kupon, premi, kontes, demonstrasi produk, dan berbagai upaya penjualan nonrecurrent)

e. Public relations
  • Tidak seperti kebanyakan iklan dan penjualan pribadi, tidak termasuk penjualan pesan tertentu.
  • PR dapat mengambil banyak bentuk, termasuk koran, laporan tahunan, mempengaruhi, dan dukungan kegiatan amal atau sipil.
  • Publisitas :
  1. adalah bentuk khusus dari PR yang melibatkan berita tentang sebuah organisasi atau produknya.
  2. Seperti iklan, terdiri dari sebuah pesan yang impersonal mencapai audiens massa.
  3. Organisasi yang menjadi subjek dari sedikit publisitas, itu muncul sebagai berita dan karena itu memiliki kredibilitas yang lebih besar daripada iklan.
  4. Menjaga hubungan baik antara lingkungan luar dan dalam suatu perusahaan.
  • Kegiatan-kegiatan utama pada PR
1. Press Relations
2. Product Publicity
3. Corporate Communication
4. Lobbying
5. Counseling

  • Proses Public Relation
1. Penelitian
2. Menetapkan tujuan pemasaran
  • Membangun kesadaran
  • Membangun kredibilitas
  • Merangsang sales force dan saluran perantara :
  1. Menentukan Target Audience
  2. Choosing the PR Message and Vehicles
  3. Event Creation

3. Keputusan-keputusan utama dalam periklanan

a. Objectives Setting

· Communication objectives

· Sales Objectives

a. Setting the Budget

b. Message Decisions

· Message Strategy

· Message Execution

a. Media Decisions

· Reach, Frequency, Impact

· Major Media Types

· Specific Media Vehicles

· Media Timing

a. Campaign Evaluation

· Communication Impact

· Sales Impact

1. Peranan Promosi dalam Pemasaran

a. Promosi ini dimaksudkan untuk membuat produk lebih menarik untuk calon pelanggan.

b. Melalui promosi perusahaan berusaha untuk meningkatkan volume penjualan produk pada harga tertentu.

c. Sebuah perusahaan juga berharap bahwa promosi akan mempengaruhi elastisitas permintaan untuk produk, yang bertujuan untuk membuat permintaan lebih elastis ketika harga meningkat dan lebih elastis ketika penurunan harga.

Tugas utama dari promosi adalah :

a. to inform, (untuk menginformasikan),

b. to persuade,(untuk membujuk),

c. and to remind (prospective) customers. (dan mengingatkan (calon) pelanggan).

Promosi dapat didefinisikan sebagai pribadi dan semua upaya yang bersifat umum oleh penjual atau wakil penjual untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan calon pelanggan.


Sesi pembahasan :

1. Mengapa hotel besar menghabiskan sebagian besar dari anggaran promosi mereka pada personal selling...?

2. Berikan beberapa contoh bagaimana sebuah organisasi perhotelan mungkin bisa mendapatkan publisitas…!


Diharapkan untuk melakukan pembahasan tentang pemasaran perhotelan dan kepariwisataan.
jika ada pertanyaan silahkan di ajukan dengan jelas, dan akan menjadi bahasan yang baik untuk kita bagi bersama. Thx...


Bahasan selanjutnya » penjualan professional dan pemasaran destinasi.


20 komentar:

  1. Johan(200611032)
    Promosi produk sangat lah penting di dalam hotel sales and marketing..
    dimana dari promosi yang baik ttg hotel yang di promosikan akan mengahasilkan suatu keuntungan buat hotel itu sendiri..

    BalasHapus
  2. pertamaxxxx gan....

    nais inpoh gan ... :beer:

    BalasHapus
  3. siti rahmasari 3pac
    1. mnurut saya hotel besar menghabiskan banyak anggaran untuk personal selling karena dalam personal selling membutuhkan banyak biaya yang harus di keluarkan oleh sebuah hotel untuk mencapai target penjualan yang sesuai target hotel.
    2. contoh bagaiman hotel bisa mendaptkan publishitas yaitu melaui pengalaman tamu yang telah menginap di hotel dan memberikan pendapat tentang hotel sehingga orang2 dapat mengetahui hotel yang tamu menginap..

    BalasHapus
  4. 1. Karena personal selling merupakan alat promosi yang paling efektif-biaya pada tahap proses pembeliar lebih lanjut, terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pem­beli.

    2.Cara mendapatkan publisitas yaitu dari pengalaman tamu jika pelayanan yang didapatkan memuaskan sehingga tamu tsb berbicara kepada tmnnya agar menginap dihotel kita saja, melalui iklan, talk show dsb.

    BalasHapus
  5. 1. hotel besar banyak menghabiskan anggaran promosi mereka pada personal selling karena pendekatan secara langsunglah yang lebih berhasil dan efektif dalam penyampaian produk hotel tersebut karena dari situlah minat seoarang pembeli mulai terbentuk

    BalasHapus
  6. 1.hotel besar menghabiskan sebagian besar dari anggaran promosi mereka pada personal sellingkarena Kegiatan promosi dipergunakan oleh sebagian besar organisasi, termasuk menciptakan penjualan, dalam personal selling terjadi interaksi langsung, saling mereka semua harus kembali pada tujuan dan memutuskan mana yang lebih.Semakin kecil anggaran promosi perusahaan, semakin kuat.maka mereka tidak akan membelinya. Promosi pada penjualan pribadi (personal selling) yang dilakukan individu tenaga Yaitu penetapan anggaran promosi berdasarkan presentasi disediakan hotel kepada tamunya tergantung pada besar kecilnya hotel tersebut.

    BalasHapus
  7. promosi sangat penting karena dapat mempengaruhi pemasukan dalam sebuah perusahaan,selain sebagai pemberi informasi.

    BalasHapus
  8. 1.menurut saya hotel besar mengeluarakan dan menghabiskan dana untuk anggaran promosinya pada personal selling dikarenakan promosi pada personal selling dinilai lebih efektif karena dalam promosi penjulan pribadi lebih mampu memberiakan efek positif dalam pendapatan yang akan didapat.
    2.organisasi perhotelan akan mendapat publisitas apabila organisi tersebut dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu,, dgn begitu kemungkinan besar customer akan lebih mengenal bagaimana keadaan hotel tersebut

    BalasHapus
  9. 1.menurut saya promosi penjualan individu(personal selling) memang sewajar nya mengeluarkan dana besar dikarenakan dengan promosi tersebut kemungkinan informasi yang akan didapat akan lebih update dan pendapatan yang diraih pun akan lebih maksimal

    BalasHapus
  10. menurut saya Mengapa hotel besar menghabiskan sebagian besar dari anggaran promosi mereka pada personal selling karena personal selling mencakup hubungan yang hidup, lang­sung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan lebih dekat.
    kemudian personal selling memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungar mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan. seorang marketing hotel besar biasa­nya sudah benar-benar mengetahui minat pelanggan yang terbaik serta personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan marketer hotel tsbt ..

    BalasHapus
  11. 1. dengan mengeluarkan apa yg sudah kita berikan kepada mereka ,,kita dapat mengaharapkan pendapatan lebih dari target yang kita inginkan.
    2.menambah saluran distribusi ,bila yang tadi nya hanya beberapa travel agent ,sebarluaskan hingga ke internet ..

    BalasHapus
  12. ratih andari (2003310004)20 Januari 2010 pukul 22.37

    1. Karena personal selling adalah salah satu cara yang paling efektif dalam mempromosikan suatu produk karena personal selling pelanggan akan lebih tahu dan mengerti apa yang mereka butuhkan sekaligus kelebihan-kelebihan dari produk-produk hotel itu sendiri.Dan jika promosi terhadap suatu produk itu berhasil tentunya keuntungan pun akan berlipat ganda dari apa yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut dalam hal ini perusahaan hotel ketika mereka melakukan promosi. Sehingga menurut saya tidak ada ruginya bila pruusahaan manapun melakukan promosi jika sudah dikalkulasikan dengan apa yang ia dapatkan nantinya dan tentunya harus melalui teknik promosi yang sesuai untuk produknya.
    2.ada beberapa cara organisasi perhotelan dapat mendapatkan publisitas yaitu :
    a. dengan melakukan event-event yang bekerja sama dengan pihak yang sudah dikenal masyarakat, seperti salah satu hotel memberikan tempat bagi promosi telkom speedy baik itu berupa seminar ataupun beragam bentuk event lainnya dengan tema pelayanan tercepat yang tentunya mengundang pihak-pihak tertentu termasuk para pelanggannya. tema yang diambilpun dapat disesuaikan dengan salah satu kelebihan dari produk telkom tersebut, dan orang yang mengikuti acara tersebut akan lebih mengenal hotel ini.Event-Event inipun dapat dilakukan didalam hotel itu sendiri ataupun ditempat lain, disesuaikan dengan event-event itu sendiri.
    b. dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan hotel tersebut sehingga mereka mereka merasa puas akan pelayanan hotel tersebut. dan hal ini tentunya dapat menjadi alat publisitas yang termurah karena pelanggan itu dengan sendirinya akan mempromosikan/mempublikasikan pengalaman menarik yang mereka alami kepada teman ataupun keluarga mereka ketika/selama mereka berada di hotel tersebut. tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi pihak hotel itu sendiri.
    c.Dengan cara bekerja sama dengan pihak televisi ataupun radio jika mengadakan event-event tertentu yang tentunya juga telah bekerjasama dengan pihak yang telah dikenal masyarakat, sehingga secara otomatis bila hotel -hotel tersebut sering mengadakan event-even seperti seminar, ataupun acara lainnya. Tentunya nama hotel tersebut akan lebih dikenal masyarakat dan juga dapat menumbuhkan citra baik di masyarakat bahwa hotel tersebut sering melakukan event-even tertentu yang bekerjasama dengan pihak yang sudah terkenal seperti telkom, breadtalk, lembaga-lembaga negara. karena perusahaan ataupun lembaga negara yang sudah terkenal tersebut tidak mungkin bekerjasama dengan hotel tersebut baik dalam pengadaan tempat ataupun acara lainnya jika hotel tersebut idak memiliki fasilitas ataupun produk-produk jasa perhotelan yang baik pula.

    BalasHapus
  13. 3PAC...
    menurut saya kenapa hotel mengeluarkan dana besar untuk melakukan personal Selling karena personal selling merupakan bagian dari strategi marketing perusahaan yang merupakan langkah konkret dalam membangun penjualan langsung dan bertujuan bertemu dengan masyarakat. Dalam kaitan ini sang sales atau pelaku marketing mempunyai kesempatan untuk secara langsung mengetahui sejauh mana produk atau layanan direspon secara cepat oleh masyarakat entah itu dalam bentuk penolakan atau persetujuan membeli. melakukan personal selling...
    dengan begitu hotel harus bisa memaksimalkan dana yang di keluarkan untuk personal selling...

    BalasHapus
  14. 1. karena personal selling lebih cenderung langsung menuju ke customer sehingga membutuhka anggaran yang besar sebagai awal dari kerjasama yang baik dengan customer tersebut.
    2. dengan melakukan promosi seperti menjadi sponsor dari suatu acara atau mengadakan perlombaan tahunan sehingga hotel dapat melakukan publisitas.

    BalasHapus
  15. 1.karena untuk mendapatkan customer atau tamu yang dapat menunjang pemasukan untuk hotel tersebut.

    2. dgn cara promosi besar-besaran yang di tujukan untuk semua masyarakat dengan menberikan diskon di tambah fasilitas yang memuaskan.

    BalasHapus
  16. riky sukardi 200811010528 Januari 2010 pukul 03.45

    mengapa hotel menghabiskan biaya besar pada personal selling??
    karena personal selling adalah langkah penjualan produk hotel dengan cara bertemu pada calon pembelil langsung.,
    atau menggunakan telepon, adapun pihak hotel harus loyal kepada calon tamu tersebut.,

    organisasi perhotelan bisa mendapatkan publisitas dengan cara melakukan promosi atau event -event yang menarik banya orang.
    dengan mengangkat type hotel itu sendiri.

    BalasHapus
  17. setuju sama riky... kebutuhan hotel cenderung banyak di personal selling

    BalasHapus
  18. Permisi numpang promosi ya. kami dari rempahmasak.com menjual sayuran dan bumbu masakan secara online. menyuplai restoran, hotel, katring, dan usaha kuliner lsinnya secara rutin hub. 082298819838

    BalasHapus
  19. Permisi numpang promosi ya. kami dari rempahmasak.com menjual sayuran dan bumbu masakan secara online. menyuplai restoran, hotel, katring, dan usaha kuliner lsinnya secara rutin hub. 082298819838

    BalasHapus
  20. Permisi numpang promosi ya. kami dari rempahmasak.com menjual sayuran dan bumbu masakan secara online. menyuplai restoran, hotel, katring, dan usaha kuliner lsinnya secara rutin hub. 082298819838

    BalasHapus