Jumat, 18 September 2009

STRATEGI PEMASARAN HOTEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Competition in business environment is the most influencing factor of marketing strategy for enterprises, including hotels. The ability to survive and succeed is determined by optimizing the use of all resources and assessment of current competition atmosphere. Choosing the right strategy based on strengths, weaknesses, opportunities, and threats identification will significantly effect the positioning of hotels in the market. This paper presents an introductory assessment of existing position of hotels, followed by a discussion on competition strategy available. In addition to that, an overview of current competi-tion in the market should give a better understanding of the matter.

4 komentar:

  1. startegi pemasaran hotel dalam mengahadapi persaingan global sekarang ini lebih terlihat melakukan pemasaran melalui teknologi yang ada seperti internet dsb.
    namun bila dilihat dari persaingan sekarang ini pun cukup sulit untuk dapat melakukan promosi yg dapat menarik tamu dengan mudah.
    managemen hotel melihat sasaran pasar yang ada karena pasar juga sangat menetukan dalam suatu managemen.
    Menurut artikel yang saya baca Segmen pasar terdiri dari konsumen-konsumen yang sama-sama bereaksi ketika dihadapkan pada serangkaian rang­sangan pemasaran maka dari iti hotel harus memiliki kreatifitas dalam melakukan pemasaran itu sendiri.
    Dalam artikel tersebut mengatakan Untuk melaksanakan usaha pemasaran, perusahaan harus membentuk sistem informasi pemasaran, sistem perencanaan pemasaran, sistem organisasi pemasaran dan sistem pengendalian pemasaran. Sistem perencanaan pemasaran terdiri dari sistem perencanaan stra­tegi dan sistem perencanaan pemasaran. Sistem perencanaan strategis memusatkan per­hatian untuk merancang sebuah perusahaan yang kuat yang paling tidak terbentuk dari beberapa usaha yang sedang berkembang untuk menutup beberapa usaha yang mungkin sedang lesu. Sistem perencanaan pernasaran mengembangkan rencana pemasaran tahunan dan rencana pemasaran jangka panjang untuk usaha khusus, produk dan merk yang mem­bawa misi yang menentukan hasil dari rencana strategis.

    BalasHapus
  2. nama : didier A.r
    Nip : 2006110138

    facing a global competition these days, hotels should manage some preparation for offering products and services what the best the company's effort to attract many visitor as much as possible because in these global competition which are so wide, we have no idea what what kind of types, uniqness, their attracting abilities, qualities from each universe companies plus everything that's all automatically set up ( hi-tech ) hotel are dealing with todays.
    due to face global competition, hotel strategis lies focuss on costumers need through extern factors-threats identification and opportunity identification, intern factors which are weakness and strengths
    opportunity identification contain the companies chances could have from outside enviroment, such as technology using CCTV ( closed circuit television )one of the kind.it is often used to record people's life everyday outside around companies to overcome teritorial criminality. marketing manager takes information through it about the trends-necessity that hotels able to provide acceptable product and services at that juncture.
    managers also must know everything about the competitor qualities and operate strategy system by doing all the strategy when costumer likes the offerings, the hotel efforts to maintain and conduct to compete globally

    BalasHapus
  3. Persaingan di lingkungan bisnis adalah faktor yang paling mempengaruhi strategi pemasaran bagi perusahaan, termasuk hotel. Kemampuan untuk bertahan dan sukses ditentukan dengan mengoptimalkan penggunaan seluruh sumber daya dan penilaian dari atmosfer kompetisi saat ini. Memilih strategi yang tepat berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman identifikasi secara signifikan akan mempengaruhi posisi hotel di pasar.
    thnx

    BalasHapus
  4. persaingan didalam dunia bisnis merupakan hal yang paling menarik. karena dengan adanya persaingan berarti perusahaan (hotel) mempunyai indikator atas kualitas mereka. Seperti yang telah dikemukakan di atas, memilih strategi yang tepat atas kekuatan, kelemahan, ancaman, dan kesempatan akan membuat perusahaan (hotel) kita akan tetap hidup. yang harus tetap diingat oleh setiap manajer adalah bahwa pesaing bukanlah musuh yang harus di basmi melainkan sebagai teman yang akan terus membawa kita terus berkembang maka dengan cara berpikir seperti itu maka seorang manajer akan dapat memilih strategi-strategi terbaik yang akan terus membuat perusahaannya bertahan.

    BalasHapus